Halaman

Kamis, 01 November 2012

Pengumpulan Data Penelitian (Skripsi)



Peralatan yang digunakan dalam pengumpulan data dari penelitian ini diantaranya, alat tulis menulis, protokol penelitian sebagai sekumpulan instruksi, perintah dan petunjuk yang telah dibuat, dan informed consent sebagai persetujuan resmi serta memberikan pengertian bagi responden dan disesuaikan untuk pelaksanaan penelitian. Untuk pemberian intervensi spiritual menggunakan doa yang telah dirancang, direncanakan serta telah dihafal oleh peneliti. Alkitab bahasa Indonesia sebagai sumber tertulis bacaan rohani, alat elektronik yang praktis untuk penggunaan dalam terapi instrumen musik rohani.
Adapun kuesioner yang akan digunakan dalam  pertanyaan peneliti yang ditanyakan pada responden mengenai data demografi disertai dengan 12 pernyataan responden sebagai data subyektif terhadap manifestasi stres fisiologis yang dialami dengan keterangan dari nilai yang sesuai dengan hasil pre dan post test, berdasarkan teori (Copstead & Banasik. 2005). Untuk pengumpulan data subyektif terhadap manifestasi stres psikologis yang dialami,  ada 12 pertanyaan peneliti yang ditanyakan pada responden dengan keterangan dari nilai yang sesuai dengan hasil pre dan post test, berdasarkan teori (Tessier, 2000). Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari teori-teori yang telah disebutkan sebelumnya, dan telah dilakukan uji validasi dan realibility sehingga layak digunakan dalam penelitian ini. Pernyataan responden diukur menggunakan skala Likert, peneliti menentukan kriteria untuk mengidentifikasi sikap responden sebagai berikut:
Tidak pernah       : 1                            Sering     : 4    
Jarang                  : 2                            Selalu     : 5    
Kadang- kadang  : 3  
           
            Tabel 3.1 Standar interpretasi nilai tingkat stres
Interval Nilai
Interpretasi
1 – 1.49
Sangat stress
1.5 – 2.49
Stres
2.5 – 3.49
Stres sedang
3.5 – 4.49
Tidak stress
4.5 – 5
Sangat tidak stres

Alat-alat lain yang akan digunakan pada waktu penelitian meliputi alat pengukur tekanan darah (Sphygmomanometer), jam tangan sebagai alat pengukur waktu beserta alat ukur tingkat stres fisiologis secara obyektif yang terlampir, sesuai dengan teori (Perry, Peterson  &  Potter, 2003). Prosedur lengkap dalam pengumpulan data juga terlampir pada lampiran laporan penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar