Halaman

Sabtu, 01 September 2012

Studi Tingkat Kecemasan Pada Pasien GGK Yang Menjalani Terapi Hemodialisa Di Ruang Hemodialisa Rumkital Dr. Ramelan Surabaya


Karya Tulis Ilmiah 2011 from JBPTITBPP / 17-09-2011
Oleh : ANIK SUGIYANTI (150108004), Karya Tulis Ilmiah 2011
Dibuat : 17-09-2011, dengan 11 file

Subject : KECEMASAN
Keyword : HEMODIALISA
Hemodialisa merupakan suatu tindakan infasive, yan merupakan stresor fisik dan fisiologis bagi setiap orang. Kecemasan pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa akan menimbulkan ketakutan, ketegangan dan kekhawatiran hal ini disebabkan ketakutan akan tindakan infasive dengan alat - alat canggih, kematian yang sudah dekat, merasa kehilangan dengan keluarga, pekerjaan dan akan selalu membutuhkan biaya yang mahal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa di Ruang hemodialisa Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.
Penelitian ini adalah diskriptif, populasinya adalah seluruh pasien GGK, yang pertama yang menjalani terapi HD diruang Hemodialisa sejumlah 45 responden. Menjalani terapi HD 1-2x seminggu. Teknik sampiling diambil dengan cara purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah tingkat kecemasan. Pengumpulan data dengan pengisian kuesioner dengan skala HARS . Selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 40 responden yang menjalani terapi Hemodialisa hampir setengahnya yang mengalami kecemasan berat ( 40%) dan sebagian kecil (75%) mengalami kecemasan berat sekali
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat kecemasan pada pasien GGK yang menjalani terapi hemodialisa diruang hemodialisa hampir setengahnya mengalami kecemasan berat. Sehingga diperlukan dukungan sosial dari keluarga dan perawat untuk mengurangi tingkat kecemasan pada pasien GGK yang menjalani terapi hemodialisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar