Halaman

Sabtu, 05 Mei 2012

All About 2nd Comming


Soalan: Apakah kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali?

Jawapan: Kedatangan Yesus Kristus kedua kali merupakan pengharapan semua orang percaya dalam Tuhan yang berkuasa di atas segala sesuatu dan setia kepada janji-janji dan nubuatan-nubuatan dalam Firman-Nya. Dalam kedatangan-Nya yang pertama kali, Yesus Kristus telah datang ke dalam dunia sebagai seorang bayi sebagaimana telah dinubuatkan. Sempena kelahiran, kehidupan, pelayanan, kematian dan kebangkitan-Nya, Yesus Kristus telah menggenapi banyak nubuatan tentang messias. Bagaimanapun masih terdapat beberapa nubuatan berhubung messias yang belum digenapi Yesus. Kedatangan Yesus Kristus kedua kali merupakan kedatangan-Nya untuk menggenapi nubuatan-nubuatan yang belum digenapi. Sewaktu kedatangan-Nya yang pertama kali Yesus merupakan Hamba yang menderita. Dalam kedatangan-Nya yang kedua kali, Yesus akan datang sebagai Raja Pemenang. Dalam kedatangan-Nya pertama kali, Yesus datang dalam keadaan yang sangat sederhana. Dalam kedatangan-Nya yang kedua kali, Yesus akan datang dengan bala tentera syurga di sisi-Nya.

Nabi-nabi Perjanjian Lama tidak memberi perbezaan yang jelas di antara dua kedatangan ini. Ini dapat dilihat dalam Yesaya 7:14, 9:6-7 dan Zakharia 14:4. Akibat daripada dua nubuatan yang seperti bercakap tentang dua orang messias, ramai cendikiawan Yahudi percaya akan ada seorang messias yang menderita dan seorang lagi messias pemenang. Mereka gagal melihat bahawa hanya ada seorang saja messias yang akan menggenapi kedua-duanya. Yesus menggenapi peranan messias yang menderita sewaktu kedatangan-Nya yang pertama kali. Yesus juga akan menggenapi peranan-Nya sebagai pelepas dan Raja Israel pada waktu kedatangan-Nya kedua kali. Zakharia 12:10 and Wahyu 1:7, menjelaskan keadaan manusia ketika kedatangan Yesus kedua kali. Sambil melihat kepada Yesus yang disalib, Israel dan seluruh dunia akan bersedih kerana tidak menerima messias sewaktu kedatangan-Nya kali pertama.

Setelah Yesus naik ke syurga malaikat-malaikat berkata, ‘"Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke syurga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke syurga (Kisah 1:11). Zakharia 14:4 mengenal pasti tempat kedatangan Yesus yang kedua kali di Bukit Zaitun. Matius 24:30 mengisytihar, “Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Ny.” Titus 2:13 menggambarkan kedatangan kedua kali sebagai“penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar.”

Kedatangan Yesus Kristus kedua kali disebut dengan sangat terperinci dalam Wahyu 19:11-16, “Lalu aku melihat syurga terbuka: Sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil. Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri. Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."Dan semua pasukan yang di syurga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa. Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tua.”
tentang tanda2 kedatangan Tuhan YESUS kali yang kedua, ada banyak ayat di alkitab menuliskannya

saya ambil salah satunya yaitu di Matius 24

kaenya semua tanda telah digenapi sekarang ( ayat 5 - 13 )

Matius 24:5-13

24:5   Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

ada banyak orang yang mengaku mesias contohnya : Sai Baba ( YESUS dari india )

24:6   Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.

perang sudah ngak usah disebutkan lagi disini ( WW 1 dan WW2 merupakan puncaknya dan masih banyak lagi )

24:7   Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.

sudah digenapi

24:8   Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

24:9   Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,

ini dimulai dengan martir pertama yaitu Stefanus

24:10   dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.

dalam hal ini MURTAD, bukan jatuh ke dalam dosa
ngak usah saya sebutkan satu2, disekitar kita juga banyak


24:11   Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

yaitu orang2 yang mengklaim dirinya utusan Tuhan, contohnya tau sendiri lah  smiley

24:12   Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

kedurhakaan zaman sekarang sudah edan, dan banyak juga orang Kristen yang kehilangan kasih mula2 spt jemaat di efesus ( Wahyu 2:1-11 ), walau mereka tetap beribadah dan melayani

24:13   Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

dan kaenya hanya 1 yang belum digenapi dan para hamba Tuhan juga mengamininya

24:14   Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

ada banyak suku2 bangsa yang belum sama sekali terjamah injil, ini merupakan tugas dan tanggung jawab semua yang mengklaim dirinya orang Kristen ( bukan hanya penginjil2 )
Tanda-Tanda Akhir Zaman menurut YESUS

dalam Matius 24:3, YESUS ditanya, "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatanganMu dan tanda kesudahan dunia?" YESUS memberitahu para pengikutNya untuk memperhatikan tanda-tanda ini sebelum kedatanganNya yang kedua.

1. Nabi dan Mesias Palsu (Matius 24:5,11)
2. Perang (Matius 24:6-7)
3. Gempa bumi (Matius 24:7)
4. Kelaparan (Matius 24:7)
5. Kesengsaraan (Matius 24:8-9)
6. Injil diberitakan di seluruh dunia (Matius 24:24)


dikutip dari:
HandBook Spirit September 2010
Kronologi kedatangan Yesus kedua kali
[SIZE=2]Lukas 12:37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
12:38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.
12:39 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.
12:40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan." [/SIZE]


Kedatangan Yesus kedua kali ! Itu yg sering kita dengar dari mulut-ke-mulut. Kronologi kedatanganNya menurut gw begini ; Kita tiap pribadi Kristen, gak perlu tunggu Yesus datang dari langit diatas awan dan turun kebumi..itu cuma perumpamaan, jadi kedatanganNya kedua kali adalah datangnya Yesus kedalam kehidupan kita masing-masing!
Yesus mengetuk hati kita, dan kita mengikutiNya, memperoleh kasihNya, siang dan malam, Ia menjadi Gembala Hidup kita, dan Sion adalah perumpamaan tercapainya misi kita dalam Tuhan!

HARI KEDATANGAN YESUS KEDUAKALI

Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali untuk kedua kalinya secara fizikal (tubuh kemuliaan).Dia akan turun secara jasmani dari sorga keplanet bumi ini.Dua ribu tahun dahulu,Dia sendiri telah MENUBUATKAN hari kedatanganNya.“Lihatlah,Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia,juga mereka yang telah menikam Dia.Dan semua bangsa dibumi akan meratapi Dia.Ya,Amin” Wahyu 1:7

Ia (Yesus Kristus) yang memberi kesaksian tentang semuanya ini,berfirman: “Ya,Aku datang segera!” Amin,datanglah,Tuhan Yesus! Wahyu 22:20

Pada waktu itu akan tampak tanda Anak manusia dilangit dan semua bangsa dibumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang diatas awan-awan dilangit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya” Matius 24:30

DUA FASA KEDATANGAN TUHAN
Tuhan Yesus akan datang kembali untuk kedua kalinya.Alkitab telah mencatatkannya dan para nabi pun telah menubuatkannya.Kedatangan Kristus keduakali adalah nyata.Dua ribu tahun yang dulu Dia telah naik kesorga dan duduk disebelah kanan Allah.Ini adalah merupakan pengharapan besar buat seluruh umat Tuhan.KedatanganNya kembali sesungguhnya adalah sebagai Raja dan Hakim yang memerintah.Inilah penggenapan doaNya,“Datang kerajaanMu,jadilah kehendakMu dibumi seperti disorga” Matius 6:10.

Perihal kedatangan Tuhan Yesus kedua kali,tahukah anda bahawa ada DUA FASA kedatanganNya kedunia?Maksudnya,Kristus bukan datang dua kali tetapi datang kembali dalam DUA FASA yakni:

1.Fasa Pertama:Tuhan Yesus turun dari sorga bersama para malaikatNya dan berada diangkasa untuk menjemput,memanggil dan mengangkat umatNya,orang-orang kudus.Fasa ini dipanggil HARI PENGANGKATAN.Pengangkatan ini adalah hanya untuk orang percaya.Dunia memang tertanya-tanya kemana menghilangnya orang-orang yang benar,tetapi mereka tak tahu apa yang telah terjadi.

2.Fasa Kedua :Tuhan Yesus turun dari sorga bersama-sama orang-orang kudus dan menginjak kakiNya diatas bukit Zaitun.Dia datang untuk memerintah sebagai raja bersama para orang kudus selama seribu tahun.Semua orang dimuka bumi akan melihat hari kedatangannya ini.Inilah ‘Hari Penampakkan Besar Kristus yang Mulia’.

FASA PERTAMA :-“HARI PENGANGKATAN”
Rasul Paulus menuliskan pernyataan nubuat wahyu tentang satu hari yang kini dikenal oleh para pelajar/murid sekolah Nubuatan sebagai ‘Hari Pengangkatan’.
Dan lebih daripada itu,saya ingin menamakannya sebagai ‘Hari Pengangkatan Roh kudus’‘.Alkitab berkata demikian: ‘Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan:Kita yang hidup,yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan,sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.Sebab pada waktu tanda diberi,yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala (Trompet) Allah berbunyi,maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;Sesudah itu,kita yang hidup,yang masih tinggal,akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan diangkasa.Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.”1 Tesalonika 4:16-17.

FILIPUS-FILIPUS ROHANI
Penginjil Filipus pernah mengalami fenomena ‘diangkat Tuhan’ ketika melayani seorang pembesar yang berbangsa Etiopia.Filipus begitu peka mendengar suara Roh.‘kata Roh kepada Filipus: “Pergilah kesitu dan dekatilah kereta itu!’ Kisah 8:29.Orang itu bertobat lalu minta dirinya dibaptis.lalu Alkitab mengisahkan kejadian ini: “..Filipus membaptis dia.Dan setelah mereka keluar dari air,Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya” Kisah 8:39.

Perkataan ‘Roh tiba-tiba melarikan’ dalam terjemahan bahasa Inggeris(‘the Spirit of the Lord caught Philip away’ Versi New King James ) adalah ‘caught away’ yang membawa maksud ‘terangkat dan dibawa lari’ oleh Roh Kudus.Saya percaya Kuasa Roh Kuduslah yang akan mengangkat orang-orang kudus pada hari pengangkatan Tuhan.
Pengangkatan ini adalah benar-benar pengangkatan tubuh jasmani orang percaya yang telah dirubah Tuhan dalam sekelip mata menjadi tubuh rohaniah yang kekal dan tidak binasa lag(1 Kor 15:50-58).Fenomena ‘Pengangkatan’ jasmani itu terjadi dalam sekelip mata .(1 Kor 15:52).Tuhan Yesus menyatakan:

“Pada waktu itu kalau ada dua orang diladang,yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;Kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan,yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.kerana itu berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang” Matius 24:40-42.

Ditahun 2010 ini,dimanakah kita sedang berada dalam masa Tuhan?.Kita sedang berada dalam Penungguan Masa, yakni masa menunggu datangnya HARI PENGANGKATAN JEMAATNYA!.Kita sedang berada di ‘Hari penantian’ kedatangan ‘Hari Pengangkatan’ Tuhan.Hari Pengangkatan itu akan berlaku dalam SATU HARI SAHAJA SERENTAK diseluruh dunia.Inilah soalan besar yang ramai orang percaya nak tahu:Bilakah hari besar“Pengangkatan” itu berlaku?.Jawapannya:BILA-BILA MASA!
Hari pengangkatan itu mungkin terjadi saat ini, minit ini,jam ini,masa ini atau pagi ini,petang ini,malam ini atau esok hari atau lusa atau minggu depan,bulan depan atau tahun depan.Jawapannya adalah bila-bila masa saja.Sebab tak seorang pun yang akan tahu bila masanya ‘Hari Pengangkatan’ itu.Tuhan hanya memberi amaran demikian, “Kerana itu berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang” Matius 24:42

“Sebab itu hendaklah kamu juga siap sedia,kerana Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” Matius 24:44

Tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu,malaikat-malaikat disorga tidak dan Anak pun tidak,hanya Bapa saja” Markus 13:32

Jika pencuri hendak datang untuk mau merampuk rumah anda,dia tak akan menelpon atau memberitahu anda bilakah dia akan datang.Anda hanya perlu mengambil langkah berjaga-jaga setiap saat.Hari kedatangan Yesus/Hari pengangkatan laksana hari seperti pencuri datang.Dia datang tanpa diduga.Yesus berkata: “Kerana itu ingatlah bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya;turutilah itu dan bertobatlah!Kerana jikalau engkau tidak berjaga-jaga,Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu” Wahyu 3:3.

Demikian juga pernyataan rasul Paulus:‘tetapi tentang zaman dan masa,saudara-saudara tidak perlu dituliskan kepadamu.kerana kamu sendiri tahu benar-benar,bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam’(1 Tesalonika 5:1).
Dia menasihati agar kita jangan tidur rohani tapi berjaga-jaga dan sadar dalam kehidupan iman,kasih dan pengharapan(1Tesalonika 5:8)Saya percaya ‘hari pengangkatan’ itu berada diambang pintu.Banyak kali saya naik pesawat/kapal untuk terbang dan sementara berada diatas awan-awan,perasaan ini mengingatkan saya pada pengalaman diangkat Tuhan diHari Pengangkatan .Roh Kudus itu laksana pesawat/kapal yang menerbangkan kita untuk bertemu Tuhan diudara.Saya ternanti-nanti hari itu,
Hari Pengangkatan Roh Kudus!

Hari Pengangkatan Roh kudus
Filipus peka dan penuh dengan Roh Kudus.Orang-orang kudus yang diangkat Tuhan adalah ‘Filipus-Filipus rohani’ yang mempunyai telinga yang peka mendengar suara Roh .Saya ingin memberikan anda satu kebenaran firman Tuhan : ‘Hanya orang percaya yang penuh dengan Roh kudus dan hidup kudus akan mengalami pengangkatan Tuhan.Orang kristian yang tak penuh Roh kudus tak akan diangkat Tuhan. Allah Roh Kudus dengan kuasaNya yang bertanggungjawab untuk membawa dan mengangkat orang-orang kudus untuk naik terangkat keangkasa menyongsong Tuhan dan bertemu Yesus ’ .

Orang kristian yang hidup duniawi,berkompromi dengan dosa kedagingan,kehidu
pan rohani yang berada dalam dunia suam-suam kuku serta sedang berada dalam ketiduran rohani akan ditinggalkan.Mereka bersama-sama dengan orang-orang yang tak kenal Tuhan akan melalui masa penganiayaan besar dibawah pemerintahan Antikristus selama tujuh tahun.Setelah rasul Yohanes selesai menulis surat kepada tujuh jemaat Allah di pulau Patmos,dia menyatakan
‘Kemudian dari pada itu aku melihat:Sesungguhnya,sebuah pintu yang terbuka disorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar,berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala,katanya:Naiklah kemari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah itu…..”Wahyu 4:1.

Yohanes mendapat penglihatan ini selagi berada dimuka bumi,dan dia melihat diatas (disorga) sebuah pintu terbuka dan Yesus berkata “Naiklah”.Macam mana Yohanes naik keatas? Wahyu 4:2 menyatakan bahawa dia ‘naik’ dengan cara “segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah,sebuah taktha terdiri disorga…”
Rasul Yohanes penuh dengan Roh dan kuasa ilahi itu segera membawa dia “Naik” keatas dan tiba-tiba dia kini berada disorga!.Hanya mereka yang penuh Roh kudus,dipimpin Roh dan dikuasai oleh Roh yang akan ‘Naik’ keatas untuk bertemu Tuhan diangkasa pada hari pengangkatan.Tuhan Yesus kristus akan datang kembali untuk mengangkat orang-orang yang saleh untuk pulang kesorga,kemajlis perjamuan kawin Anak Domba.Jemaat Gereja akan menjadi pengantin Kristus dan menerima upah masing-masing menurut perbuatannya

“Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai,dan memuliakan Dia!Kerana hari perkahwinan Anak Domba telah tiba dan pengantinNya telah siap sedia.Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilau dan yang putih bersih!”(Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus) Wahyu 19:7-9,Saya ulangi kembali wahyu ini.Dimasa manakah kita berada sekarang?Kita berada dimasa Akhir Zaman.Kita berada di Zaman dan Masa Roh Kudus Allah.Kita sekarang sedang menantikan Hari kedatangan Tuhan Yesus untuk turun dari sorga dan mengangkat kita semua bertemu dengan Dia diangkasa.

BENARKAH ADA JEMAAT KRISTUS TAK DIANGKAT TUHAN?
Saya gusar menjawab soalan penting ini,namun sesuai dengan terang Firman Tuhan memang ada yang tak akan mengalami pengangkatan diHari Tuhan!Sungguh menyedihkan sekali,tapi benarlah demikian.Ketika TUHAN menurunkan hujan belerang dan api menghukum kota Sodom dan Gomora yang penuh dosa,Alkitab berkata:“Tetapi isteri Lot,yang berjalan mengikutnya,menoleh kebelakang,lalu menjadi tiang garam” (Kejadian 19:24-26).Dari ribuan orang yang tinggal dikota tersebut, hanya Lot,dua anak perempuannya dan isterinya yang dibawa lari oleh malaikat Tuhan keluar dari kota itu sebelum TUHAN menumpahkan murka hukumanNya keatas kota yang sarat dengan dosa dan percabulan.Meskipun Lot dan keluarganya sudah terselamat dan keluar dari kota,namun isteri Lot tetap menoleh dan melihat kebelakang,kekota Sodom dan Gomora.

Akibatnya,dia turut terbunuh menjadi tiang garam.Roh Kudus beri saya pengertian tentang ayat ini,bahwa ramai orang yang sudah bertobat,menerima keselamatan dalam Kristus Yesus namun seperti sikap isteri Lot,hati mereka masih terpaut dikota keduniawian.Ramai orang kristian hari ini menjalani kehidupan iman yang hidup dalam dua dunia,yakni percaya Kristus,takut Tuhan,namun masih suka hidup dalam tabiat kedagingan dan kesoronokkan dosa!Mereka ini termasuk dalam golongan kristian yang suka berkompromi dengan dosa.Kristus lebih tegas menggelar mereka sebagai jemaat yang ‘Suam-suam kuku’ (Wahyu 3:16).Mereka benar-benar mahu dikuasai dan dipenuhi Roh Kudus,tetapi juga mereka tak sanggup lepaskan berberapa tabiat dosa yang menguasai hidup mereka.Mereka tahu itu dosa tapi sepertimana isteri Lot,hati mereka masih terpaut dalam dunia dosa.

Kehidupan yang dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Allah menginginkan kehidupan yang bersih,kudus dan hidup yang benar.Namun amat menyedihkan sekali bahwa ramai orang kristian yang tak mau meninggalkan segala tabiat dosa mereka.Bukan kerana kuasa Roh Allah tak mampu lepaskan mereka dari tabiat dosa itu,tetapi mereka sendiri yang tidak mahu melepaskannya.Hati mereka masih terpaut dan masih menoleh kebelakang,kearah kehidupan serba duniawi.Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh kebelakang tidak layak untuk Kerajaan Allah” (Lukas 9:62)Sama seperti isteri lot yang menoleh kebelakang,ramai orang yang punyai sikap hati sedemikian sehingga tanpa disedari mereka Roh Kudus telah mengangkat JemaatNya dan mereka ditinggalkan didunia!

Jika anda ingin merasa pengalaman bagaimana berada diatas awan langit biru,saya dorong anda untuk kumpulkan wang menaiki kapalterbang(Pesawat) Air Asia Malaysia.
Sekurang-kurangnya anda dapat merasa pengalaman ketika terangkat naik keatas langit biru.Saya banyak kali naik pesawat dan banyak kali berdoa berbahasa roh ketika berada didalam pesawat ribuan meter jauhnya dari permukaan bumi.Mari saya ambil contoh pengalaman menaiki pesawat ini.Hari pengangkatan Kristus laksana menaiki kapalterbang/pesawat Roh Kudus untuk naik terbang keangkasa lalu bertemu Tuhan Yesus disana.Mereka yang hidupnya tak dikuasai Roh Kudus seumpama mereka yang terlewat untuk tiba kelapangan terbang dan meskipun sudah ada tiket penerbangan ditangan (karunia hidup kekal/keselamatan dalam Yesus) namun terlepas peluang menaiki pesawat yang satu-satunya pulang kesorga.

Anda akan selamat dan masuk sorga kerana memiliki Kristus.Tapi anda telah kehilangan berkat yang paling besar sekiranya terlepas peluang mengalami pengangkatan Roh Kudus diHari Pengangkatan.Tabiat-tabiat dosa yang belum diakui dan tak mau ditinggalkan mengikat hati mereka dengan kuat sehingga mereka secara tak langsung memilih untuk tinggal didunia dengan harapan dapat melalui masa-masa Kesusahan besar dibawah penganiayaan Antikristus!TUHAN tak boleh disalahkan kerana Dia amat menghendaki semua orang percaya dapat dibawa oleh Roh naik kesorga.Tapi sikap hati isteri lot masih menjalar dikebanyakan gereja Tuhan hari ini.

CIRI-CIRI JEMAAT YANG TAK DIANGKAT TUHAN
Kitab wahyu menyatakan bahwa TUJUH JEMAAT yang dimaksudkan Kristus ialah lambang kehidupan iman jemaat gereja Tuhan zaman Perjanjian Baru.Saya mendorong anda untuk membaca kitab Wahyu bab 2 dan 3 sebab inilah juga menggambarkan kehidupan peribadi setiap pengikut Kristus pada hari ini.Ada tiga perbedaan fahaman/pendapat dan kumpulan yang percaya pada Hari Pengangkatan.Ketiga-tiga kumpulan ini percaya akan ada Hari Pengangkatan,namun mereka tak sependapat dengan penilaian tentang urutan masa itu.Semuanya berkisar pada tanda ‘Tujuh tahun’ pemerintahan Antikristus atau lebih dikenali sebagai Hari Kesusahan besar (Great Tribulation).Mereka semuanya berusaha membuktikan Hari Pengangkatan itu bakal menjelang tiba diketiga fasa dalam tahun-tahun kesusahan besar.

1.Fahaman ‘Pre-Tribulation Rapture’.Mereka yang mempercayai bahwa Jemaat Kristus akan diangkat sebelum tiba hari Kesusahan/penganiayaan (Tujuh tahun pemerintahan Antikristus)

2. Fahaman ‘Mid-Tribulation Rapture’.Mereka yang mempercayai bahwa Jemaat Kristus akan melalui setengah (Tiga setengah tahun pertama) dari tujuh tahun kesusahan.Jemaat Tuhan akan melalui penganiayaan itu sebagai ujian iman buat umatNya.

3.Fahaman ‘Post-Tribulation Rapture’.Mereka yang mempercayai bahwa Jemaat Kristus akan melalui tujuh tahun kesusahan/penganiayaan besar yakni pemerintahan Antikristus barulah terjadi pengangkatan

Ketiga-tiga fahaman ini punya bukti-bukti kutipan ayat-ayat Alkitab untuk membuktikan kesahihan masing-masing.Bahkan ada yang terlalu ekstrim sehingga pengajaran ini hebat diperdebatkan lalu memecah-belahkan persekutuan iman dan persaudaraan Kristus! Saya ingin memberi komentar penting perihal ini,bahwa bagaimanapun pegangan dan pendapat saudara seiman itu,kita hendaklah menghormati pegangan mereka.Saya sedih melihat tubuh Kristus bertikam lidah masing-masing mempertahankan kepercayaan mereka ini.

Satu perkara yang terutama dan yang pertama ialah,setiap orang kristian hendaklah berada dalam keadaan berjaga-jaga setiap waktu kerana Kristus berkata bahwa hari itu tiba seperti pencuri.Tak seorang pun yang TAHU bilakah masanya!Saya membuat kajian yang terperinci selama 3 tahun perihal subjek ‘Hari Pengangkatan’ ini serta membaca buku-buku yang ditulis oleh para ahli Teologia dan hamba Tuhan mengenai ketiga-tiga pemahaman ini.Diantaranya ialah buku-buku tulisan Dr.Tim Lahaye,Hamba Tuhan yang dikenal sebagai salah seorang pengajar topik Akhir Zaman yang tersohor.Dia telah mengarang lebih dari 40 buku terutamanya topik tentang Nubuatan kitab Wahyu dan kedatangan Kristus kedua kali.

Dalam bukunya yang bertajuk: ‘Revelation Unveiled’ dan ‘Bible Prophecy for yourself’,beliau memberikan satu kebenaran bahwa Hari kedatangan Kristus kedua kali(Fasa pertama) yakni ‘Hari Pengangkatan, berlaku sebelum tiba Hari Kesusahan itu (Tujuh tahun Kesusahan besar/kecil).Dia percaya kepada fahaman ‘Pre-Tribulation Rapture’.Sebagai Presiden pelayanan Tim LaHaye Ministries,beliau juga adalah pengasas organisasi ‘Pre-Trib Research center’,sebuah badan internasional yang membuat kajian terperinci perihal Hari Pengangkatan,Akhir Zaman dan kedatangan Kristus.Buku-buku beliau perihal topik penting ini begitu diterima pakai oleh gereja-gereja Tuhan diseluruh dunia dengan cetakan buku yang mencecah lebih 500,000 ribu naskah .



Seorang lagi Hamba Tuhan dan ahli Teologia dikenali secara global sebagai salah seorang pelopor Alkitab perihal subjek Kedatangan Kristus kedua kali ialah Dr.Brian J.Bailey,Presiden pelayanan Zion International ministries.Dia juga adalah Pendeta Gereja besarnya dan Pendiri Kolej Alkitab dan Zion Universiti.Dua buah buku karangannya yang mengkhususkan topik Hari Pengangkatan dan kedatangan Krsitus kedua kali ialah buku ‘The second Coming’ (Kedatangan Tuhan Kedua kali) dan ‘The Book of Revelation’(Buku kitab Wahyu)

Dr.Brian,dalam bukunya ‘The second Coming’ memberi pengajaran bahwa Hari Pengangkatan itu akan terjadi di pertengahan Tujuh tahun kesusahan.Dengan kata lain beliau percaya kepada pemahaman ‘Mid-Tribulation Rapture’.Beliau percaya bahwa Jemaat Kristus akan melalui kesusahan selama tiga setengah tahun dalam pemerintahan Antikristus sebelum diangkat Tuhan.Dia juga kemukakan bukti-bukti kukuh demi mempertahankan pemahamannya yang juga diterima pakai oleh jemaat gereja diseluruh dunia.

Saya juga terbaca buku karangan hamba Tuhan, Dr.David Yonggi Cho,Pendeta dan Pastor gereja diKorea yang punyai anggota jemaat yang terbesar didunia.(Kini berjumlah lebih dari 800,000 anggota) Dalam bukunya yang menyatakan topik perihal wahyu/nubuatan akhir Zaman,Dr.Cho mempercayai bahwa Fasa pertama kedatangan Kristus kedua kali yang dikenali sebagai Hari Pengangkatan Jemaat akan berlaku sebelum hari kesusahan Tujuh tahun itu.Beliau juga percaya kepada fahaman ‘Pre-Tribulation Rapture’.Secara peribadi saya juga ingin menyatakan bahwa saya menerima pandangan bahwa Hari pengangkatan Jemaat atau kedatangan Yesus kedua kali fasa pertama terjadi sebelum hari kesusahan tujuh tahun.Namun demikian saya juga percaya bahwa akan ada jemaat Kristus yang akan melalui kesusahan besar tujuh tahun ini kerana tak mengalami pengangkatan Tuhan.Inilah jemaat Tuhan yang bertipe jemaat Sardis.Lihat saja amaran keras Kristus kepada mereka :

Kerana itu ingatlah,bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya;turu-
ti dan bertobat!Kerana jikalau engkau tidak berjaga-jaga,Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu
” Wahyu 3:3.

Baptisan Roh Kudus,kepenuhan Roh Allah,dipimpin oleh Roh Kristus,diurapi Roh,buah-buah Roh,baptisan Api Roh,karunia-karunia Roh dan penyembahan Roh ialah semua kaedah dan istilah Alkitabiah sebagai’sangkakala’rohani dari Allah betapa pentingnya untuk sentiasa hidup erat dalam persekutuan dengan Allah.Dia menghendaki setiap anak Tuhan agar hidup bergaul erat dengan Roh Kudus sepertimana ”Henokh hidup bergaul dengan Allah,lalu ia tidak ada lagi,sebab ia telah diangkat oleh Allah” Kejadian 5:24.Doa dan harapan saya secara peribadi adalah agar setiap orang percaya penuh dengan Roh Kudus dan SEMUA diangkat oleh Allah Roh Kudus pada Hari Pengangkatan yang akan terjadi pada bila-bila masa saja!

FASA KEDUA: KRISTUS TURUN KEDUNIA
(Hari Penampakkan Besar Kristus yang Mulia)
“Sesudah Ia (Yesus) mengatakan demikian,terangkatlah Ia disaksikan mereka,dan awan menutupNya dari pandangan mereka.Ketika mereka sedang menatap kelangit waktu Ia naik itu,tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian
putih dekat mereka,dan berkata kepada mereka:“Hai orang-orang Galilea,mengapakah kamu berdiri melihat kelangit?Yesus ini,yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik kesorga”.Kisah para rasul 1:12-11

Perkataan malaikat Tuhan kepada murid-murid Kristus sesungguhnya merupakan satu nubuatan bahawa Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali diAkhir Zaman.Dia akan datang secara jasmani/fizikal untuk kedua kalinya,turun dari sorga dan menginjakkan kakiNya dibukit yang sama sewaktu Dia naik kesorga,iaitu bukit Zaitun yang terletak tiga suku batu dari kota Yerusalem dinegara Israel.Nabi Zakharia,ribuan tahun sebelumnya,diperlihatkan Allah dan menubuatkan kedatangan hari Tuhan yang dashyat ini:

“Pada waktu itu kakiNya akan berjejak dibukit Zaitun yang terletak didepan Yerusalem disebelah timur.Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur kebarat,sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar;setengah dari bukit itu akan bergeser keutara dan setengah lagi keselatan.Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku,sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya;dan kamu
akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh kerana gempa bumi pada zaman Uzia,raja Yehuda.Lalu TUHAN,Allahku,akan datang,dan semua orang kudus bersama-sama Dia.Zakharia 14:4-8

‘Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi;pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan namaNya satu-satunya’.(Ayt 9.)

Impak daripada sentuhan kaki Yesus dengan bala tentara sorga diatas dibukit Zaitun begitu dasyat sehingga bukit itu terbelah dua lalu menghasilkan sebuah lembah yang amat besar.Nabi Zakharia melihat dan menubuatkan bahwa kedatangan TUHAN (Mesias-Yesus Kristus) dengan semua orang kudusNya turun keatas muka bumi adalah menjadi Raja yang memerintah planet bumi selama 1000 tahun.Wahyu 20:6 menyatakan:
‘Berbahagialah dan kuduslah ia,yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu.kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka,tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus,dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia,seribu tahun lamanya’

Rasul Yohanes melihat Mesias itu datang bersama semua orang kudus,penuh dengan kemuliaan dan kuasa.‘lalu aku melihat sorga terbuka:Sesungguhnya,ada seekor kuda putih;dan Ia yang menungganginya bernama: “Yang Setia dan Yang Benar”Ia menghakimi dan berperang dengan adil.Dan matanya bagaikan nyala api dan diatas kepalaNya terdapat banyak mahkota dan padaNya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun,kecuali Ia sendiri.

Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan namaNya ialah : “Firman Allah”Dan semua pasukan yang disorga mengikuti Dia;mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.Dan dari mulutNya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul semua bangsa.Dan ia akan mengembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur,yaitu kegeraman murka Allah,Yang Mahakuasa.Dan pada jubahNya dan pahaNya tertulis suatu nama,yaitu:


“RAJA SEGALA RAJA
DAN TUAN SEGALA TUAN”

Wahyu 19:11-16

Semua kelayakan Sang Mesias yakni nama,gelaran,pangkat dan kekuasaan yang dilihat oleh rasul Yohanes adalah berpadanan hanya untuk seorang peribadi.Dialah Anak Allah,Anak Domba Allah,singa Yehuda dan tunas (keturunan raja)Daud,TUHAN YESUS KRISTUS!Kini Dia turun kedunia kedua kalinya sebagai Raja segala raja dan Tuan segala tuan untuk memerintah dan menghakimi bumi selama satu milenium (1000 tahun).
Hari Penampakkan Kristus yang Besar Mulia ini ialah sesungguhnya Hari Besar,yaitu hari Allah yang Mahakuasa.Alkitab menyatakan bahwa setelah Yesus turun ketanah Israel,Dia bersama bala tenteraNya akan mengatur langkah menuju kesatu lembah yang dipanggil ‘lembah Megiddo’ untuk memerangi Antikristus yang sedang menanti dia disana bersama bala tenteranya.Maka terjadilah perperangan besar antara kerajaan Allah(Pimpinan Tuhan Yesus) dan


kerajaan iblis(Pimpinan Antikristus-Wahyu 16:14) yang menjalar sampai keselatan ’dilembah Yosafat’.Satu-satunya tempat yang paling layak untuk medan pertempuran yang sehebat ini semestinyalah sebuah lapangan besar yang digelar Harmegadon (lembah Megiddo).

PERANG HARMAGEDON
“Lalu ia(Antikristus) mengumpulkan mereka ditempat,yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon” Wahyu 16:16.Lembah Megiddo,sebuah kawasan yang terletak ditengah tanah daerah Palestina(Sekitar bandar Esdraelon- jajahan Tebing barat,Israel).Telah berkurun lamanya lembah Meggido ini telah menjadi medan perkhemahan besar setiap kali pertempuran-pertempuran yang bersejarah berlaku dibumi Palestina.Sejak zaman raja Nebukadnesar (Assyria) sampailah kezaman penjelajahan General Napoleon Buonarparte dari Mesir ke Siria.Semua panglima-panglima yang tersohor didunia pernah berperang dilembah besar ini.

Para tentera Yahudi,bukan Yahudi,Sarakens,Krused Kristian(Christian Crusade)
anti Kristian Peranchis;tentera mesir,tentera Parsi.Druses,tentera Turki,dan Saladin(Arab)semua pernah berkhemah disini.General Napoleon Buonarparte dilaporkan berkata waktu pertama kali menjejak kakinya dilembah ini,dengan penuh emosi dia berkata:‘Inilah tempat yang paling ideal untuk medan pertempuran bagi tentera-tentera besar dibumi’.Tanpa disedarinya,lembah Harmageddon sudahpun dinubuatkan bakal menjadi medan perperangan yang paling dasyat antara tentera sorga dan tentera neraka.Perlulah anda ketahui bahwa hari kedatangan Tuhan Yesus (Fasa kedua) terjadi sesudah masa tujuh tahun Antikristus memerintah dibumi.
Sebaik sahaja Tuhan Yesus berada dimuka bumi,mulalah terjadi perang besar.Antikristus bersama bala tenteranya segera berkumpul untuk mengadakan perang dengan Kristus dan tentaranya(orang-orang kudus).Maka terjadilah perang secara besar-besaran dilembah yang digelar Armageddon.Alkitab memaparkan senario kedatangan Kristus sebagai raja menerima tentangan Antikristus serta para ketua kerajaan sekutunya .

Alkitab menyatakan: ‘Dan aku (Rasul Yohanes) melihat binatang (Antikristus) itu dan raja-raja dibumi serta tentara-tentara mereka berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda(Tuhan Yesus Kristus) itu dan tentara-Nya.Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu,yang telah mengadakan tanda-tanda didepan matanya,dan dengan demikian menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya.Keduanya dilemparkan hidup-hidup kedalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang,yang keluar dari mulut penunggang kuda itu;dan semua burung kenyang oleh daging mereka.Wahyu 19:19-21

Dengan kekalahan Antikristus,terjadilah peristiwa dialam roh dimana malaikat Tuhan menangkap iblis lalu diikat dan dilemparkan kedalam penjara (jurang maut) selama seribu tahun.Raja Yesus dan orang-orang kudus akan menjadi pemerintah dibumi.Kristus menjadi Raja dan Hakim yang adil memerintah seluruh dunia dibantu bersama oleh orang-orang kudusnya selama seribu tahun.Inilah masa kedamaian sepanjang zaman sebab tak ada lagi penyesatan.

‘Lalu aku (Rasul Yohanes)melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar ditangannya;ia menangkap naga,siular tua itu,yaitu Iblis dan satan.Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,lalu melemparkannya kedalam jurang maut itu dan memeteraikannya diatasnya,supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa,sebelum berakhir masa seribu tahun itu’ Wahyu 20:1-3
Kesudahannya,setelah masa seribu tahun itu berakhir,Iblis dilepaskan dari penjaranya (jurang maut ) lalu pergi mengumpulkan bala tentera manusia berdosa menjadi pengikutnya dalam jumlah yang amat besar untuk berperang melawan Tuhan dan para orang kudus.Tetapi turunlah api dari langit menghanguskan mereka.Iblis dilemparkan kedalam lautan api dan belerang dan disiksa siang malam sampai selama-lamanya.Wahyu 20:7-10Senario seterusnya adalah bahwa ada pengadilan taktha putih dimana Kristus akan menghakimi orang-orang berdosa menurut perbuatannya.

Dan ‘Setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis didalam kitab kehidupan itu,ia dilemparkan kedalam lautan api itu”Wahyu 20:15.Itulah kematian yang kedua.Kemudian akan ada langit dan bumi yang baru,Kota Yerusalem yang baru turun dari sorga kerana kini Allah Trinitas akan tinggal diam bersama orang-orang kudusNya.Taktha Allah dan taktha Anak Domba (Yesus Kristus) akan ada didalamnya dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya. Amen(Wahyu 22:5).Fasa pertama (Hari pengangkatan) kedatangan Kristus kedunia akan berlaku sebelum masa tujuh tahun penganiayaan dan pemerintahan si Antikristus dimuka bumi.

Manakala Fasa kedua (Penampakkan Besar Kristus yang Mulia) sesudah tujuh tahun itu.Kedua-dua fasa kedatangan Yesus diselangi oleh masa ‘tujuh tahun’.
Tujuh tahun pemerintahan antikristus adalah merupakan satu lagi ‘Tanda’ penting menjelang kedatangan Tuhan Yesus sebagai Raja dan Hakim.Tuhan Yesus telah menubuatkan berberapa ‘Tanda-tanda’ yang nyata menjelang kedatanganNya.
Tanda-tanda inilah akan menjadi ‘kompas’ petunjuk penting bagi seluruh umat kristian supaya kita senantiasa punya pengharapan untuk menanti dengan penuh tekun.Saya umpamakan planet bumi seperti seorang perempuan yang sarat mengandung dan sedang menghitung hari-hari datangnya Hari Besar kelahiran ‘bayinya’ iaitu Hari kedatangan Tuhan Yesus kedua kali.Ketika perempuan itu mengalami serangan kesakitan pertama,dia tahu itulah permulaan ‘tanda’ bahwa dia sudah bakal melahirkan anaknya.

Semakin dekat dia hendak melahirkan,semakin keraplah juga kesakitan itu menimpanya.Tuhan Yesus berkata ‘tanda-tanda’ peristiwa yang dialami oleh seluruh penduduk bumi menjelang kedatangannya kedua kali adalah ‘tanda-tanda penderitaan’ seperti menjelang hari kelahiran anak.‘Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang Zaman Baru’ Matius 24:8.Dalam bab berikutnya saya hendak membawa anda untuk melihat dan meneliti ‘tanda-tanda’ yang dimaksudkan Tuhan untuk menunjukkan betapa kita berada dimasa permulaan penderitaan dan bahwa kedatanganNya sudah berada diambang pintu masa!

Kedatangan Tuhan Yesus Yang Kedua Kali

Yesus berjanji kepada pengikutNya bahwa Ia akan datang kembali. Ada dalam Alkitab,“ Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” (Yohanes 14:1-3)
Malaikat-malaikat berjanji bahwa Yesus akan datang kembali. Ada dalam Alkitab,“ Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (Kisah Rasul 1:10-11)
Bagaimanakah cara Yesus datang kembali? Ada dalam Alkitab,“ Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. (Lukas 21:27)
Berapa banyak orangkah yang akan melihat kedatangan Yesus? Ada dalam Alkitab,“ Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.” (Wahyu 1:7)
Apakah yang akan kita lihat dan dengar ketika Ia datang? Ada dalam Alkitab,“ Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” (1 Tesalonika 4:16-17)
Seberapa dapat dilihatkan kedatanganNya? Ada dalam Alkitab,“ Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.” (Matius 24:27, 27)
Peringatan apakah yang diberikan oleh Kristus sehingga kita tidak akan terperdaya mengenai kedatanganNya yang kedua? Ada dalam Alkitab,“ Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya” (Matius 24:23-26)
Apakah ada orang yang mengetahui waktu yang tepat akan kedatangan Yesus? Ada dalam Alkitab,“ Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." (Matius 24:36)
Mengetahui bahwa manusia masih suka menunda, apakah yang dikatakan oleh Kristus? Ada dalam Alkitab,“ Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” (Matius 24:42)
Peringatan apakah yang diberikan oleh Kristus sehingga kita tidak merasa terkejut saat kejadian besar ini? Ada dalam Alkitab,“ "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." (Lukas 21:34-36)
Mengapa kedatangan Yesus yang kedua kali mengambil waktu begitu lama? Ada dalam Alkitab,“ , Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. (II Petrus 3:8-9)
Di saat menunggu kedatangan Yesus, bagaimanakah kita harus hidup? Ada dalam Alkitab,“ Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keingina duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik. (Titus 2:11-14)
Bagaimanakah dunia ini nanti jadinya ketika Yesus datang? Ada dalam Alkitab,“ "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. (Matius 24 : 37-39)
Akankah kedatangan Yesus menjadi waktu untuk pemberian upah? Ada dalam Alkitab,“ Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” (Matius 16:27)
Mengapakah Yesus datang kembali? Ada dalam Alkitab,“ demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. (Ibrani 9:28)
Pada saat kedatangan Yesus yang kedua kali, kita akan sepenuhnya mengalami realitas dari kebangkitan. Ada dalam Alkitab,“ Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus. Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. “ (1 Korintus 1:7-8,)
Sesaat sebelum Yesus meninggalkan dunia, Ia meyakinkan pengikut-Nya, "Aku akan datang kembali dan membawamu bersama-Ku" (Yohanes 14:3). Selama dua ribu tahun, umat Kristen memegang janji ini, menantikan kedatangan-Nya yang kedua dengan seluruh antisipasi yang dirasakan anak kecil yang menantikan kepulanagn ayahnya. Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari "6 Fakta Penting Mengenai Kedatangan Kristus Kedua Kali".
Kapan Yesus Akan Datang?
Suatu hari murid-murid Yesus bertanya, "Apa tanda kedatangan-Mu dan akhir zaman?" (Matius 24:3) Yesus menjawab pertanyaan ini dalam 2 cara:
Fakta 1 : Kita Tidak Tahu Kapan Yesus Akan Datang.
Selama abad yang lampau, berbagai kelompok dan individu menentukan tanggal kedatangan Yesus kedua kali, di antaranya: 1914, 1964, 1988 dan 1994. Selama tahun 90-an, beberapa orang meramalkan bahwa Yesus akan datang pada atau sekitar tahun 2000. namun Yesus berkata, "Tidak ada yang tahu hari atau jamnya, bahkan malaikat disurga, Anakpun tidak, hanya Bapa yang tahu." (Matius 24:36)
Jadi, tidak ada gunanya menentukan sendiri tanggal kedatangan Yesus kedua atau bergairah dengan tanggal yang ditentukan orang lain. Bayak orang kecewa setelah tanggal yang ditentukan berlalu dan tidak ada yang terjadi dan mereka meninggalkan harapan kedatangan Yesus kembali.
Fakta 2 : Kita Bisa Tahu Bahwa kedatangan-Nya Sudah Dekat.
Yesus pernah berkata, karena itu, kita tahu bahwa kedatangan-Nya dekat, seperti tahu musim semi sudah dekat ketika melihat tunas muncul dipohon. (Matius 24:32,33) Dan Ia memberikan beberapa tanda yang dapat kita kenali. Salah satu tandanya adalah mengabarkan Injil keseluruh dunia. "Kabar baik akan kerjaan surga akan diberitakan keseluruh dunia sebagai kesaksian bagi segala bangsa, dan kemudian kesudahan akan tiba." (Matius 24:14)
Sebagai manusia kita tidak pernah tahu kapan semua orang didunia berkesempatan mendengar kabar baik tentang Yesus dan tawaran-Nya. Tetapi satu hal sangat nyata - saat ini lebih mudah dibanding masa lalu untuk membagikan kabar baik bagi uamt manusia. Pikirkan: TV, radio, buku, majalah, surat kabar dan sekarang internet dan World Wide Web! Situasi ini memungkinkan seluruh dunia mendengar kabar baik dalam semalaman!
Alkitab juga mengatakan bahwa sesaat sebelum Yesus datang, dunia akan kagum dengan spiritualisme dan kamunikasi dengan roh jahat. Contahnya, Yesus berkata sebelum Ia kembali, "Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akanmengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga bila memungkinkan." (Matius 24:24) Dalam ayat serupa di buku Wahyu, Yohanes berkata, "Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib. Lalu ia mengumpulkan raja-raja didunia untuk perang Armagedon." (Wahyu 16:14-16) Dan Paulus berkata bahwa ketika Yesus datang kembali, Setan akan menunjukkan "rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu." (2 Tesalonika 2:9)
Sangat menyolok, bahwa saat ini kita melihat kemajuan pesat dibidang New Age dan bentuk-bentuk lain yang menjalin komunikasi dengan orang mati. Ini merupakan tanda kedatanagn Yesus, dan juga tanda bahwa seharusnya kita tidak menerima mujizat belaka karena ada kuasa supernatural. Setan dapat membuat mujizat dan ia menunjukkan ini untuk menyesatkan manusia.
Bagaimana Yesus Akan Datang Kembali?
Yesus meramalkan bahwa sebelum kedatangan-Nya, nabi-nabi palsu akan muncul diberbagai tempat dimuka bumi ini, menyatakan bahwa mereka adalah Yesus. "Waspadalah supaya janagn ada orang yang menyesatkankamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang." Itu sebabnya Ia mengingatkan, "Apabila seorang mengatakan bahwa "Inilah dia, sudah keluar dari padang gurun," Jangan keluar, atau "dia diruang dalam" jangan percaya." (Matius 24:4,5,26)
Untungnya, tidak seorangpun menjadi sesat. Ada tiga cara mengenal Yesus yang sesungguhnya waktu Ia datang kembali.
Fakta 3 : Kedatangan-Nya Akan Menjadi Keajaiban Yang Dapat Disaksikan Umum.
Untuk satu hal, kedatangan Yesus akan menjadi peristiwa akbar dimuka bumi. Alkitab berkata, "Setiap mata akan melihatnya." (Wahyu 1:7) dan Yesus sendiri berkata, "sepeti kilat memancar dari sebelah timur melontarkan cahayanya sampai kebarat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia." (Matius 24:27)
Tidak hanya kedatangan Yesus yang dapat dilihat, itu juga dapat didengar. Paulus berkata, "dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah." (1 Tesalonika 4:16) Dan ia memberitahukan Jemaat di Korintus bahwa "terompet akan berbunyi pada kedatangan Yesus yang kedua kali." (1 Korintus 15:52)
Fakta 4 : Ia Akan Datang Di Awan-awan.
Yesus juga berkata bahwa Ia akan datang "di awan-awan di angkasa" (Matius 24:30) suatu fakta yang diulangi beberapa kali di Perjanjian Baru. Sebagai contoh, di buku Wahyu Yohanes menulis, "Lihat, Ia datang di awan-awan." (Wahyu 1:7) Kemudian, dalam menerangkan penglihatan akan kedatangan Yesus kedua, Yohanes berkata, "Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan diatas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya." (Wahyu 14:14)
Fakta 5 : Orang Mati Akan Dibangkitkan.
Yesus berkata, "akan tiba saatnya di mana semua yang berada di kubur akan mendengar suara-Nya dan bangkit." "Mereka yang melakukan hal-hal baik, akan bangkit dan hidup." (Yohanes 5:28,29) Yesus tidak mengatakan kapan ini akan terjadi, tetapi Paulus menerangkan bahwa ini akan terjadi saat kedatangan-Nya yang kedua. "Tuhan sendiri akan turun dari surga... dan yang mati di dalam Kristus akan pertama dibangkitkan." (1 Tesalonika 4:16) Jadi Anda bisa tahu bahwa semua yang menyatakan bahwa Yesus .... Ia muncul di awan-awan diangkasa dengan suara terompet dan membangkitkan orang mati.
Bagaimana Kita Bersiap-siap?
Pertanyaan penting selanjutnya adalah bagaimana kita dapat bersiap-siap untuk kedatangan-Nya? Jawabnnya adalah merupakan hal keenam dalam fakta penting yang perlu kita ketahui tentang kedatangan-Nya yang kedua.
Fakta 6 : Anda Dapat Bersedia.
Bahkan beberapa orang yang berpikir mereka siap untuk kedatanagn Yesus kedua akan menemukan bahwa sebetulnya mereka tidak siap. Ia mengingatkan, "Tidak semua orang yang berkata 'Tuhan, Tuhan' akan masuk kerajaan surga." (Matius 7:21)
Jadi, apa yang harus kita lakukan Untuk Mempersiapkan Kedatangan-Nya?
Pertama, kita harus tahu kesalahan yang kita buat dan memperbaikinya. Jika bersalahkepada orang lain, kita harus memperbaikinya. Dan sementara Tuhan tidak meminta kita mengatasi semua kebiasaanburuk kita sebelum Ia menerima kita, Ia ingin kita mengakuinya dan mengesampingkan diri dalam menghadapinya. Alkitab menyebut hal itu sebagai "pertobatan" dan "pengakuan". Kita jiga harus menerima kematian Yesus di salib untuk dosa-dosa kita dan meminta-Nya mengampuni dosa-dosa kita.
Ketika kita menemui kondisi ini, Tuhan melakukan 2 hal bagi kita. Pertama, Ia mengampuni kita. Kedua, ia mengubah pikiran dan emosi kita sehingga bila hal-hal jahat yang kita suka lakukan akan kita benci dan hal-hal baik menjadi sesuatu yang kita sukai. Orang-orang Kristen menyebut ini "lahir baru".
Harapan akan kedatangan Yesus. Apakah Anda lelah dengan penyakit dan penderitaan dan kematian? Tuhan berjanji bahwa di rumah baru yang Yesus sediakan bagi kita, "Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mataa mereka, dan maut tidaka akn ada lagi; tidaka akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." (Wahyu 21:4)
Ketika Yesus datang. semua teman-teman dan kekasihmu yang percaya dan yang mati akan dibangkitkan. Mereka akan bergabung dengan umat Allah yang masih hidup di bumi. "Dan akan tinggal dengan Tuhan selamanya." (1 Tesalonika 4:16,17) Tidak heran Alkitab mengundang ita untuk "saling menguatkan dengan kata-kata ini." (1 Tsalonika 4:18)
Akankah Anda siap bertemu dengan Yesus pada kedatanagn-Nya? Semua yang harus Anda lakukan adalah meminta-Nya datang kedalam hatimu. Fakta akhir dan terbaik dari semuanya adalah bahwa Anda dapat mendoakan hal ini sekarang!.... Isa Memberkati.
Disadur dari Majalah "Warta Gereja Advent"
Setelah tahun-tahun mengalami perlakuan buruk, Armando Valladare menjadi seperti suatu bayangan yang timpang dan kurus dari dirinya yang dulu. Dia menjalani hukuman 30 tahun di salah satu penjara Castro karena berdoa di sebuah gereja pada hari Natal. Petugas penjara tidak memberinya makanan, menyiksa, dan mempermalukan dia, tetapi dia menolak untuk menyerahkan keyakinannya.

Sesuatu telah membuat dia tetap bertahan: sebuah janji yang dia buat kepada seorang wanita muda bernama Martha. Mereka bertemu dan jatuh cinta ketika dia berada di penjara. Wanita itu tertarik secara mendalam kepada keyakinannya yang penuh semangat. Segera setelah pasangan itu menikah dalam sebuah upacara sipil di halaman penjara, Martha dipaksa berimigrasi ke Miami.

Perpisahan mereka sangat menyedihkan. Tetapi Armando mengatur untuk menyelundupkan keluar sebuah janji kepada kekasihnya. Pada sebuah lembaran kertas sisa yang kecil dia menulis dengan tergesa-gesa janjinya: "Saya akan datang kepadamu. Bayonet yang melintang di atas punggung saya tidak akan menjadi masalah lagi."

Narapidana ini berketetapan bahwa dia dan Martha akan membuat janji perkawinan mereka di sebuah gereja di depan Tuhan. Suatu hari pertemuan mereka akan terjadi. "Kamu selalu bersama saya," katanya.

Janji Armando membuat dia bertahan melalui tahun-tahun perlakuan yang buruk yang dapat saja menghancurkan semangat kebanyakan pria. Dan hal itu membuat Martha tetap bertahan. Dia bekerja tanpa kenal lelah untuk menarik perhatian umum kepada penderitaan suaminya. Dia tidak pernah menyerah.


1. JANJI


Seringkali kita tergoda untuk meragukan, akankah Kristus benar-benar suatu hari turun dari langit yang biru ini untuk sebuah reuni yang indah? Kita telah dipisahkan sekian lama. Sebuah akhir yang membahagiakan dari sejarah bumi yang lama dan tragis sepertinya terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Tetapi ada satu hal yang dapat menghidupkan keyakinan di dalam hati kita. Dan hal itu semata-mata adalah janji Yesus untuk kembali. Sesaat sebelum meninggalkan pengikutNya menuju surga, Yesus membuat janji ini:

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada." - Yohanes 14:1-3.

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia meyakinkan pengikut-pengikutNya, "SAYA AKAN KEMBALI." Dia berjanji untuk kembali dan membawa semua yang percaya kepadaNya ke tempat yang istimewa yang telah Dia persiapkan untuk kita. Alkitab membicarakan kedatangan-Nya yang kedua kali kira-kira 2500 kali. Fakta bahwa Yesus akan datang ke dunia untuk kedua kalinya adalah pasti seperti kenyataan bahwa Dia hidup di bumi ini 2000 tahun yang lalu.

Dulu Allah menjanjikan seorang Juruselamat akan datang, seorang Penyelamat yang mau menanggung kejahatan-kejahatan kita dan menyediakan pengampunan untuk dosa manusia. Janji itu kelihatannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan di zaman dahulu yang penuh kekerasan selama hidupnya. Tetapi Yesus datang dan mati di kayu salib. Janji itu menjadi kenyataan secara lebih agung dibandingkan dengan apa yang dapat dibayangkan manusia. JanjiNya untuk kembali akan menjadi kenyataan juga.

Kita dapat mengandalkan Dia yang mencintai kita, untuk kembali dan mengumpulkan mereka yang telah Dia bayar dengan harga yang tinggi. Melalui masa-masa hidupnya di dalam penjara, Armando terus menyelundupkan puisi-puisi, pesan, dan gambar-gambar kepada Martha. Dan Martha mengusahakan untuk mempublikasikan beberapa tulisannya. Tulisan mereka yang menyentuh menarik perhatian dunia. Pemerintah-pemerintah mulai menekan Castro untuk melepaskan narapidana hati nurani. Presiden Perancis mengintervensi dan akhirnya di bulan Oktober 1982 Aramandi ditempatkan di sebuah pesawat menuju ke Paris. Dia sangat sukar percaya bahwa dia telah bebas bahkan setelah pesawat mendarat.

Tetapi kemudian, setelah dua puluh tahun masa penantian yang panjang dan sengsara dan rindu, Armandi berlari ke dalam pelukan Martha. Beberapa bulan kemudian pasangan yang bahagia ini berdiri di Gereja St. Kieran-Miami dan mengulangi janji perkawinan mereka. Akhirnya pertemuan mereka lengkap. Janji telah dipenuhi: "Saya akan datang menemuimu." Dapatkah anda bayangkan pertemuan indah yang akan terjadi saat kita akhirnya bisa melihat Yesus dari muka ke muka?

Penampilan-Nya yang penuh keagungan akan menelan semua rasa frustrasi dan penderitaan kita, menghapus semua kepahitan yang kita sembunyikan di dalam hati. Kembalinya Yesus akan memenuhi kerinduan kita yang terdalam dan pengharapan yang paling besar. Dan kita akan berangkat menuju sebuah pertemuan intim yang abadi dengan satu pribadi yang paling menakjubkan di alam semesta. Yesus akan datang segera! Apakah anda rindu untuk menemui Dia?

2. BAGAIMANAKAH YESUS AKAN DATANG?

(1) Akankah Yesus datang secara diam-diam?
"Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. Sebab SAMA SEPERTI KILAT MEMANCAR dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, DEMIKIAN PULALAH KELAK KEDATANGAN ANAK MANUSIA." - Matius 24:25-27.

Pancaran kilat sangat jelas dari jarak yang jauh, jadi kedatangan Yesus tidak akan menjadi semacam kejadian yang rahasia atau subyektif.

(2) Akankah Yesus datang lagi sebagai pribadi yang nyata?
"Ketika mereka (pengikut Yesus) sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata, "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga." - Kisah Para Rasul 1:10-11.

Pada hari keberangkatanNya dari bumi kita, para malaikat memastikan kepada para murid bahwa Yesus yang sama yang diangkat ke surga- bukan orang lain-akan datang kembali di dalam pribadi sebagai Raja atas segala Raja. Yesus yang sama yang menyembuhkan sakit dan membuka mata yang buta. Yesus yang sama yang berbicara secara lembut kepada wanita yang terlibat dalam percabulan. Yesus yang sama yang menghapus airmata orang yang berduka dan mengundang anak-anak ke dalam pelukan-Nya. Yesus yang sama yang mati di salib Calvari, beristirahat di dalam kuburan, dan bangkit dari kematian pada hari ke-tiga.

(3) Akankah Yesus datang sehingga kita bisa melihat Dia?
"Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan SETIAP MATA AKAN MELIHAT DIA, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, Amin." - Wahyu 1:7.

Semua yang hidup pada saat Yesus datang kembali, baik yang benar dan yang jahat, akan menjadi saksi kedatangan-Nya. Berapa banyak Yesus sendiri katakan yang akan melihat kedatangan-Nya?

"Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan SEMUA BANGSA DI BUMI akan meratap dan MEREKA AKAN MELIHAT Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemulian-Nya." - Matius 24:30.

Setiap orang yang hidup di bumi kita akan melihat Yesus datang kembali.

(4) Siapa yang akan menemani Yesus pada saat Dia datang?
"Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas Takhta Kemuliaan-Nya." - Matius 25:30.

Bayangkan akan seperti apa saat Yesus kembali dalam seluruh kemuliaan-Nya dikelilingi oleh seluruh malaikat.

(5) Dapatkah kita meramalkan secara tepat waktu kedatangan Yesus?
"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.... Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga." - Matius 24:36, 44.

Setiap orang akan melihat Yesus yang mulia tiba, tetapi banyak yang tidak akan siap untuk itu. Apakah anda pribadi siap untuk Yesus datang?
3. APA YANG AKAN YESUS LAKUKAN SAAT DIA DATANG KEMBALI?
(1) Yesus akan mengumpulkan semua yang selamat (terpilih)
"Dan Dia akan menyuruh keluar malaikat-malaikatNya dengan meniup sangkakala yang dashyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihanNya dari keempat penjuru dunia, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain." - Matius 24:31.
Jika anda telah mengijinkan Yesus menyiapkan anda dalam hidup dan hati, anda akan menyambut Dia dengan sukacita sebagai Juruselamat anda.

(2) Yesus akan membangkitkan orang-orang benar yang mati.
"Sebab pada waktu tanda diberi, yaiitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan MEREKA YANG MATI DALAM KRISTUS AKAN LEBIH DAHULU BANGKIT." - 1 Tesalonika 4:16.

Yesus turun dari sorga dengan sebuah seruan. Suara-Nya yang megah terdengar di seluruh dunia. Suara itu membuka peti mati di setiap kuburan dan membangkitkan jutaan orang yang telah menerima Yesus sepanjang zaman. Betapa itu akan menjadi hari yang menyenangkan!

(3) Yesus akan mengubahkan semua yang benar pada saat kedatanganNya, bukan saja orang benar yang mati, juga orang benar yang hidup.

"Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, AKAN DIANGKAT BERSAMA-SAMA DENGAN MEREKA dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan." - Ayat 17.

Untuk menyiapkan kita kepada keabadiaan, Kristus mengubah tubuh fana yang
dapat mati menjadi tubuh abadi yang indah.

"Sesungguhnya Aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi KITA SEMUANYA AKAN DIUBAH, dalam sekejab mata, PADA WAKTU BUNYI NAFIRI YANG TERAKHIR. Sebab nafiri akan berbunyi dan ORANG-ORANG MATI AKAN DIBANGKITKAN DALAM KEADAAN YANG TIDAK DAPAT BINASA dan KITA SEMUA AKAN DIUBAH. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati." - 1 Korintus 15:51-53.
Pada saat Yesus datang, kita semua akan dirubah. Pikirkan saja tidak ada lagi radang sendi, kelumpuhan, atau kanker. Tutup semua rumah sakit dan rumah duka. Kristus telah datang!

(4) Yesus akan membawa semua orang benar ke surga.
Yesus Sendiri membuat janji, "Aku akan datang kembali dan membawa kamu bersama-Ku di dalam rumah Bapa-Ku" (lihat Yohanes 14:1-3). Petrus berbicara tentang warisan bagi orang yang ditebus "yang tersimpan di surga bagi kamu" (1 Petrus 1:4). Kita dapat menanti untuk menjelajahi keajaiban kota Tuhan, Yerusalem Yang Baru, dan mengenal Bapa kita di surga.

(5) Yesus akan mengenyahkan kejahatan dan penderitaan selamanya.
Orang jahat -yang secara terus menerus telah menolak semua tawaran Yesus akan kemurahan- sebenarnya menjatuhkan hukuman pada dirinya sendiri. Saat mereka menatap wajah Yesus yang datang ke arah mereka dari awan-awan, sebuah kesadaran mendadak akan dosa mereka terbukti sangat menyakitkan untuk dipikul, sehingga mereka menangis kepada gunung-gunung dan batu-batu.

"Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas Takhta dan terhadap murka Anak Domba itu." - Wahyu 6:16.

Mereka memilih menghadapi kematian daripada menghadapi pandangan Yesus yang dapat melihat semuanya. Mereka tahu bahwa suara yang sekarang bergemuruh dari langit pernah secara lembut memohon mereka untuk menerima kuasa kemurahan. Mereka yang menenggelamkan dirinya dalam kegilaan mencari uang atau kesenangan atau posisi sekarang menyadari mereka telah menolak satu-satunya hal yang paling bernilai di dalam hidup ini. Ini sebuah pengungkapan yang menghancurkan.

Sebenarnya, tidak satupun dari mereka perlu hilang. Tuhan sendiri tidak berkenan kepada kematian orang fasik (Yehezkiel 33:11). "Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat" (2 Petrus 3:9). Yesus memohon kepada kita, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." (Matius 11:28). Tetapi, sungguh tak dapat dipercaya, sebagian orang menolak undangan-Nya yang dermawan.
4. APAKAH ANDA SUDAH SIAP MENYAMBUT KEDATANGAN YESUS?

Yesus membayar mahal demi menjamin kita dengan sebuah masa depan yang mulia bersama-Nya "di dalam rumah Bapa-Ku". Yesus membayar dengan nyawa-Nya!

"Demikian pula KRISTUS HANYA SATU KALI SAJA MENGORBANKAN DIRI-NYA untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia." - Ibrani 9:28.

Juruselamat yang mati di kayu salib untuk menghapuskan dosamu akan muncul lagi "kedua kalinya", dan Dia akan "membawa keselamatan kepada mereka yang menantikan-Nya". Kristus mengorbankan diri-Nya sendiri untuk menawarkan keselamatan kepada kita masing-masing. Tetapi tanpa Kedatangan Kedua, salib itu akan menjadi sebuah kegagalan. Kristus ingin memberikan kita sebuah rumah yang aman dan abadi beersamaNya. Supaya hal itu bisa terjadi, kita harus mengijinkan Yesus untuk berkuasa di dalam hati kita sebagai Juruselamat dan Tuhan sekarang juga.

Di pagi tanggal 16 Agustus 1945, seorang anak lelaki berlari melalui markas Shantung di China Utara berteriak bahwa dia melihat sebuah pesawat di angkasa. Semua tawanan yang dapat berjalan berlari keluar dan melihat ke atas. Para pria dan wanita ini telah lama menderita selama bertahun-tahun oleh pengucilan, kekurangan, dan kecemasan, dipenjara oleh tentara Jepang karena warga negara musuh. Bagi banyak orang, hanya satu hal yang membuat mereka tetap hidup secara rohani: harapan bahwa suatu hari perang akan berakhir.

Sebuah cahaya menyorot ke arah 1500 tawanan yang hidup saat mereka menyadari pesawat ini mungkin datang untuk MEREKA. Pada saat dengungan pesawat semakin keras, seseorang berteriak, "Lihat, ada BENDERA AMERIKA dicat di samping pesawat!" Dan dalam pandangan ketidakpercayaan, suara-suara berteriak keluar, "Lihat, mereka MELAMBAI kepada kita! Mereka tahu siapa kita. Mereka datang untuk membawa kita."

Pada saat ini luapan kegembiraan melebihi rasa terkoyak, cemas, rindu rumah yang dapat mereka tanggungkan. Neraka telah hilang. Orang-orang berlari dalam lingkaran-lingkaran, berteriak sekuat mereka, melambaikan tangan mereka dan menangis.

Tiba-tiba kerumunan itu tersentak dan menatap dalam keheningan. Bagian bawah dari pesawat terbuka dan para pria mulai meluncur keluar dalam parasut. Penyelamat mereka bukan datang suatu hari nanti, mereka datang hari ini, SEKARANG di tengah-tengah mereka! Massa mendesak menuju pintu gerbang markas.

Tidak ada yang sempat berpikir akan senapan yang diarahkan ke bawah dari menara penjaga. Setelah bertahun-tahun frustasi dan kesepian, mereka menghancurkan gerbang dan bergegas berlari ke arah di mana para penerjun mendarat.

Segera aliran manusia ini berbalik dan mengalir kembali ke camp dengan para tentara di pundak mereka. Komandan camp menyerah tanpa perlawanan. Perang benar-benar telah berakhir. Kebebasan telah datang. Dunia menjadi baru lagi. Segera Tuhan kita, Juruselamat kita, akan turun dari awan-awan untuk menyelamatkan kita. Kisah mengerikan yang panjang dari sejarah kekejaman manusia akan berhenti.

Akan ada sorak kegembiraan pada hari itu, teriakan kesukaan pada saat kita akhirnya mengerti: "Kedatangan-Nya dekat sekali; saya dapat melihat para malaikat meniup terompet mereka." Suaranya semakin keras, awan-awan kemuliaan semakin cerah, sampai kita sulit untuk menahannya. Tetapi kita tidak dapat berhenti menatapnya saat kita menyadari: "Dia melihat saya. Dia tahu siapa saya." Kita akan tahu dengan kesukaan yang luar biasa: "Inilah Tuhanku. Dia datang untuk saya, bukan suatu hari nanti, tetapi hari ini, saat ini." Apakah anda siap untuk menyambut Raja dalam segala kemuliaan-Nya?

Jika tidak, undanglah Yesus secara pribadi ke dalam hidupmu sekarang juga. Bahkan sebagaimana kedatangan Yesus ke dunia kita akan memecahkan masalah dunia, kedatangan-Nya ke dalam hati anda akan membantu anda menghadapi masalah sehari-hari anda. Pemecah Masalah yang besar dapat mengangkat anda dari rasa bersalah dan beban dosa dan memberikan anda hidup yang abadi.

Kedatangan Yesus ke dalam sebuah kehidupan dapat selamanya merubahnya sedramatis kedatangan Yesus ke dunia untuk merubahnya. Anda dapat bersandar kepada Yesus. Dia akan mempersiapkan anda untuk kedatangan-Nya dan memberikan anda kepastian yang indah akan sebuah kehidupan yang bahagia selamanya.


(Selain disebutkan lain semua teks Alkitab di dalam panduan Penjelajah diambil dari Alkitab keluaran Lembaga Alkitab Indonesia).

Hak Cipta © 2002 oleh The Voice of Prophecy
Disadur dari Kursus Alkitab "Discover On-Line" Pelajaran ke-8
Website: www. discoveronline.org
Apa Nabi Daniel Katakan Tentang
AKHIR ZAMAN
Satu hal yang perlu dipelajari dari pemboman Gedung WTC yang lalu ialah kita tidak memerlukan kiamat untuk menghadapi "kiamat". Sejauh mana kita sebagai pribadi memperhatikan, "kiamat" dapat saja lebih dekat dari pada yang dibayangkan orang, dan hal itu dapat saja terjadi dalam cara yang tidak pernah dibayangkan orang.
Walaupun Alkitab menekankan tentang asal mula, kejadian, permulaan, tetapi Alkitab juga menekankan akhir dari segala sesuatu. Hal ini memang masuk akal, karena bagi manusia permulaan telah berlalu., dan permulaan itu selamanya telah berada diluar jangkauan kita. Bagian akhirlah yang dipenuhi ketidaktahuan. Bagian akhirlah yang kita antisipasi.
Tetapi kita tidak perlu berada dalam ketidaktahuan yang menyeluruh. Alkitab, dalam banyak hal, memberikan terang dan pengertian tentang hari-hari terakhir. Salah satu buku yang banyak sekali berkenaan dengan hal ini adalah nubuatan apokaliptis dari Daniel.
Apa yang Daniel katakan tentang topik "Akhir Zaman" ini? Dan pengharapan apa, pertolongan apa, serta jaminan apa yang kita dapatkan dari buku Daniel - khususnya didunia yang penuh dengan rasa takut dan ketidak pastian?
Mimpi Raja
Cukup ironis, salah satu pasal penting buku Daniel adalah mengenai akhir zaman dimulai dengan peristiwa yang terjadi pada zaman kuno. Daniel pasal 2 menceritakan tentang kekuasaan Raja Nebukadnezar dari Babilon, sekitar 600 tahun sebelum Yesus.
Dalam Daniel 2, nabi ini mengartikan mimpi raja. Raja itu melihat patung yang besar. "Kepalanya dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat." (Daniel 2:32,33) Daniel mengatakan bahwa dalam mimpi Nebukadnezar, ketika ia sedang, "Melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tanagan manusia, lalu menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk." (Daniel 2:34)
Akhirnya, batu itu yang terungkit tanpa perbuatan tangan manusia menghancurkan semua logam yang ada dipatung tersebut. Kemudian batu itu, "menjadi gunung yang besar memenuhi seluruh bumi." (Daniel2:35)
Daniel, secara jelas dan tegas, menjelaskan bahwa logam-logam itu melambanagkan sebuah pergantian kekuasaan dari kerjaan-kerajaan besar yang berdiri dan kemudian rubuh, dimulai dengan Babilon, yang dilambangkan oleh kepala dari emas. (Daniel 2:38) Sesudah Babilon adalah Media-Persia (lengan dan dada perak). Kemudian kerajaan itu digantikan oleh Yunani (tembaga), kemudian digantikan lagi oleh Kekasisaran Roma, "kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancur luluhkan, maka kerajaan itu akan meremukkan dan menghancur luluhkan semuanya." (Daniel 2:40) Seperti yang dinubuatkan Daniel, Roma kafir tidak digantikan oleh kerajaan sebelumnya. Sebaliknya, beberapa abad sesudah Kristus, roma terpecah dan terbagi-bagi di antara berbagai suku barbar. Hasilnya adalah apa yang sekarang dikenal sebagai Eropa (dilambangkan oleh besi dan tanah liat di kaki dan jari-jarinya). Daniel mengatakan bahwa beberapa bangsa ini akan kuat seperti besi, dan yang lainnya lemah seperti tanah liat (Daniel 2:41,42) - sebuah gambaran yang tepat mengenai Eropa, yang memiliki negara-negara yang kuat dan lemah untuk berabad-abad lamanya.
Kemudian tibalah pada ramalan yang mengagumkan mengenai bangsa-bangsa ini. (Ingat, Daniel menuliskan hal-hal ini sekitar enam ratus tahun sebelum Yesus). "Seperti tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: mereka akan bercampur oleh perkawinan, tetapi tidak merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat." (Daniel 2:43) Meskipun semua perkawinan antar bangsa telah terjadi di Eropa, walaupun semua usaha persatuan dan penggabungan telah dilakukan, dan bahkan penggunaan satu mata uang, negara-negara eropa tetap bukan merupakan suatu negara kesatuan. Mereka tidak dapat bersatu "seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat."
Ini adalah keadaan pada zaman ini, yaitu situasi bangsa-bangsa di Eropa yang Daniel ramalkan dengan sangat mengherankan tentang akhir zaman: "Tetapi pada zaman paar raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa." (Daniel 2:44) Dengan kata lain, di masa keberadaan bangsa-bangsa di Eropa moderen, Tuhan akan datang dan dunia kita ini akan berakhir.
Beberapa berangapan ketika Kristus datang kembali Ia akan memerintah seluruh bangsa sekarang ini. Tetapi, Daniel menjelaskannya paad bagian akhir, semua bangsa didunia ini akan musnah dan tidak akan didirikan kembali, karena kerajaan Allah "akan meremukkan segala kerjaan dunia. Dan kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selamanya." (Ibid) Dengan gamblang bahwa segala sesuatu yang ada sekarang akan tetap ada. namun sesuai dengan tulisan Daniel, paad saat kesudahannya, semua yang ada ditempat ini akan dimusnahkan, tidak ada yang tersisa.
Suatu "Masa Kesesakan"
Daniel 7 dan 8, sama seperti pasal 11 dan 12, adalah sejajar dengan Daniel 2. Semuanya menggambarkan urutan yang sama seperti disebutkan dalam Daniel 2, tetapi lambang-lambang yang digunakan untuk menggambarkan kerajaan-kerajaan tadi. Pasal-pasal ini menggambarkan urutan sejarah dari zaman dahulu hingga akhirnya.
Daniel 7 menambahkan pada skenario tersebut suatu penghakiman besar yang terjadi disurga dan pada akhirnya membawa kepada pembentukan kerajaan Allah. Pasal ini mengatakan bahwa "pemerintahan, kekuasaan, dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan dibawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Maha Tinggi." (Daniel 7:27)
Selanjutnya Daniel 12 menjelaskan akhir zaman yang merupakan lanjutan peristiwa yang menyangkut sejarah dunia yang dimulai pada pasal 11. Disini daniel menulis: "Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu." (Daniel 12:1)
Jadi, merupakan sebuah kontradiksi yang sangat menyolok dengan mereka yang percaya bahwa dunia ini semakin membaik, Daniel mengatakan, "suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi." Sudah pernah terjadi keadaan yang sangat sukar dimasa lampau? Tetapi seperti yang dikatakan Daniel, pada akhir zaman, segala sesuatunya menjadi lebih buruk dari pada yang pernah terjadi! Sehingga kejadian yang terjadi seperti, pemboman, banjir, tanah longsor, perang, pesawat jatuh, kapal tenggelam, kereta anjlok dan lain-lain, seperti yang dikatakan Daniel tidaklah sulit untuk dimengerti.
Hal yang mengagumkan dari buku Daniel ialah bahwa walaupun buku itu ditulis ribuan tahun yang lalu, tetapi menggambarkan masa depan dunia ini seperti peperangan, kerajaan yang berkuasa dan jatuh, bangsa yang memerangi bangsa lain, penganiayaan dan kekerasan serta penghancuran adalah sebuah gambaran yang tepat mengenai zaman sekarang ini.
Tetapi walaupun dilanda malapetaka dan kegelapan, berulangkali Daniel menggambarakan kemenangan mutlak Allah dan umat-umat-Nya. Daniel 2 berakhir dengan Tuhan mendirikan kerajaan-Nya yang abadi. Daniel 7 juga berakhir dengan gambaran yang sama, dengan janji kemenangan Tuhan atas kejahatan. Dan walaupun Daniel 12 menggambarkan suatu "waktu kesesakan", tetapi pasal itu juga menyebutkan bahwa paad waktu Mikhael (yang berarti "seorang yang seperti Tuhan") mendampingi umat Tuhan, mereka akan terluput. Jadi daniel secara berkesinambungan mengatakan bahwa bagaimanapun buruknya keadaan, akan berakhir dengan kemenangan Tuhan dan umat-Nya.
Singkatnya, apa yang Daniel katakan tentang "Akhir Zaman"? Ia mengatakan akan ada masa yang sulit, yang lebih buruk dari pada yang pernah terjadi sebelumnya di dunia ini. Tetapi daniel menunjukkan bahwa walaupun di tengah malapetaka dan kegelapan, Tuhan sedang bekerja bagi umat kepunyaan-Nya, dan bagi mereka yang mencari Dia dengan iman dan penurutan membutuhkan suatu pengharapan yang tidak pernah menyerah.
Disadur dari Majalah "SIGNS of the times" Edisi bahasa Indonesia - IPH Bandung - Idonesia
E-mail: iphbdg@gmail.com ; Website: www.signstimes.com

ada apa di ..........
Akhir Zaman ???????
 
Pernahkah Saudara meragukan sesuatu, lalu pada akhirnya mendapati bahwa keraguan tersebut merupakan suatu tindakan yang salah? Keragu-raguan nampaknya merupakan sifat alamiah manusia. Kita semua cenderung memiliki sisi skeptik, yaitu mempertanyakan segala sesuatu walaupun sebenarnya hal itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Seringkali keragu-raguan membuat kita mengesampingkan bukti nyata yang ada di depan mata. Itulah yang disebut menyangkal. Kita sedang menyangkal bilamana ada bukti yang nyata di depan mata, namun kita memilih untuk menolak mempercayai hal ini. Mungkin Saudara akan lebih mengerti melalui ilustrasi berikut ini.
Sebuah kapal tangki Liberia yang bernama Arrow terdampar dipantai Nova Scotia pada tahun 1970. Kapal itu terbelah dua lalu tenggelam. Akibatnya, minyak yang dibawa kapal tersebut bertebaran disepanjang pantai sehingga menutupi luas areal 125 mil dari pantai. Kapten kapal itu mengakui bahwa ia melihat tanda peringatan pada layar radarnya, namun tetap mengabaikannya, dengan berkeyakinan bahwa tidak ada yang membahayakan disana. Lalu kapten itu mengakui, "Itu adalah kesakahanku." Namun masalahnya sekarang adalah kerusakan sudah terjadi dan tidak ada cara untuk memperbaikinya.
Mengabaikan peringatan dari radar kapal merupakan tindakan yang sangat ceroboh. Namun bilamana ini menyangkut hal kerohanian, maka menyangkal bisa menjadi hal yang sangat fatal. Marilah kita hadapi kenyataan ini, percaya atau tidak, Yesus segera akan datang.
Tanda-tanda kedatangan Tuhan terlihat dimana-mana! Bukan hanya melalui firman Allah saja, tetapi kalau saja kita mau memperhatikan kejadian-kejadian didunia ini dengan seksama, maka kita akan menyadari bahwa Yesus akan segera kembali.
Ingatlah!!! Yesus pernah memberi tahu murid-murid-Nya bahwa Dia akan kembali lagi. Ingin memastikan apa yang mereka akan hadapi. Murid-murid-Nya menanyakan tanda-tanda apa dan kapankah kedatangan-Nya. Dalam kitab Injil Matius 24, kita dapati jawaban Tuhan Yesus. Didalam pasal 24 ini terdapat beberapa kutipan tentang apa yang Yesus katakan dan beberapa kejadian yang nyata yang sedang terjadi sekarang ini yang membuktikan bahwa apa yang telah Yesus katakan itu benar adanya:
Alkitab katakan, "Banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang." (Matius 24:5) Berikut ini hanyalah salah satu dari sekian contoh bagaimana nubuat diatas telah digenapi. Pada bulan Maret 2000, lebih dari 800 pengikut sekte hari kiamat (yaitu Pergerakan untuk Pembaharuan Sepuluh Hukum Allah) di daerah barat daya Uganda, dibunuh dalam salah satu pembunuhan massal yang paling hebat dalam sejarah dunia akhir-akhir ini. Pemimpin sekte ini yaitu Joseph Kibwetere, Credonia Mwerinde, serta beberapa orang lainnya telah mengajarkan anggota sekte ini bahwa dunia akan kiamat pada tanggal 31 Desember 1999. Saat kiamat tidak juga terjadi, maka para nggota sekte yang merasa telah ditipu untuk mempercayai hari kiamat itu kemudian meminta kembali harta benda yang telah mereka serahkan kepada para pemimpin tersebut saat mereka bergabung dengan sekte ini. Namun sebagai tanggapan terhadap permintaan anggota-anggota ini, pemimpin-pemimpin ini membantai anggota-anggota yang dikatakan sudah "memberontak" itu. Betapa menyedihkan mengetahui ratusan penganut sekte ini mati sesak nafas, dicincang, dibakar, serta dikubur hidup-hidup, dimana semuanya ini hanyalah karena mereka mempercayai kebohongan pemimpin mereka.
Perang merupakan tanda amaran yang lain. Yesus berkata di dalam Matius 24:6, "Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya." Janganlah putus asa atau menyerah dalam iman, karena Tuhan harus membiarkan hal-hal ini terjadi. Perang akan semakin bertambah dalam jumlah dan kehebatnnya dengan berlalunya waktu, dan banyak negara yang akan berpartisipasi didalamnya. Mempertimbangkan semua kejadian dalam dunia kita sekarang ini, seperti di Afganistan, Iraq, Palestina dan tempat-tempat lainnya, saya tidak perlu lagi meyakinkan Saudara bahwa perang merupakan kenyataan yang ada sekarang ini. Dan perang nuklir merupakan ancaman yang tiada habis-habisnya, membuat kita selalu waspada akan hal ini. Konflik yang terjadi antara India dan Pakistan membuktikannya, sehingga pada bulan Juni 2002 Presiden Pakistan, Jendral Pervez Musharaf menyatakan, "Perang nuklir hampir saja terjadi. Ancaman perang telah berkurang karena keinginan untuk melakukan hal itu sudah mereda, tetapi tetap saja ada kemungkinan untuk terjadinya perang nuklir, dan bila itu terjadi, tetap akan merupakan sesuatu yang menggemparkan."
Juga akan terjadi kemerosotan moral. Yesus berkata dalam Matius 24:12 bahwa, "karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin." Kemerosotan moral akan menjadi begitu lazim sehingga manusia sudah tidak mengenal apakah kasih itu. Pada waktu kabar pelecehan sexual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastor-pastor Katolik di Amerika Serikat terbongkar, seorang Pendeta di Boston, massachusetts, berkata, "Sesuatu yang tidak dapat diterima oleh akal sehat. Rahasia yang akhirnya terbongkar ini merupakan suatu pukulan hebat dan begitu mengejutkan sehingga tidak ada cara untuk menjelaskan dengan kata-kata."
Apakah Saudara masih belum yakin akan kedatangan Yesus yang kedua kali. marilah kita lihat dunia kita ini, Yesus telah mengatakan bahwa gempa bumi dan kelaparan akan merupakan masalah yang semakin merebak di akhir zaman. Dalam Matius 24:7 dengan jelas dikatakan, "Akan ada kelaparan, dan gempa bumi diberbagai tempat." Menurut survey geology Amerika, dikatakan beberapa juta gempa bumi terjadi didunia kita ini setiap tahunnya. Menurut laporan PBB, sekitar sepuluh juta manusia diempat negara Afrika bagian Selatan berada dalam bahaya kelaparan.
Tetapi Matius bukanlah satu-satunya buku dalam Alkitab yang berbicara tentang bumi kita pada zaman akhir. Yesaya 51:6 memberitahukan kita bahwa: "...bumi akan memburuk seperti pakaian usang..." Yang menarik adalah bahwa para ilmuwan, baik yang percaya pada Tuhan ataupun tidak, telah mendapatkan bahwa pernyataan ini memang benar. Penyelidikan yang baru-baru ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari California menyatakan bahwa planet bumi kita ini sudah berada di ujung kehancuran ekologi. Laporan mereka menyatakan bahwa hutan, sumber daya energi serta daratan sudah digunakan dalam kadar yang melebihi kemampuan bumi untuk memperbaharui kebutuhannya. Penulis utama dari kelompok tersebut mengibaratkan sumber daya alam ini, "merupakan setumpuk uang yang setiap orang dapat merebutnya dengan mata terpejam, lalu semuanyapun habislah."
Tidak salah. Dunia kita ini sudah semakin tua. Lingkungannya sudah dicemari, sumber daya alam sudah mulai terkuras habis, dan manusia sudah mulai kelaparan sebab kehabisan makanan dan air. Tetapi kelaparan fisik bukanlah merupakan kecemasan utama kita. Alkitab membicarakan tentang kelaparan yang lain, yang akan merebak secara luas pada zaman akhir. "Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, pemberontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak memperdulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka akan yang baik, suka mengkhianati, tidak berfikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah." (2 Timotius 3:2-4)
Inilah yang disebut kelaparan rohani. Itu merupakan gambaran yang sangat menyedihkan tentang manusia yang lapar akan Firman Allah, yang tidak kenal Yesus dan kuasa Firman-Nya yang dapat menuntun manusia ke jalan yang lebih baik. Bukan saja dunia ini dipenuhi dengan dosa, tetapi kita semua harus menderita akibat yang menyedihkan dan menyakitkan dari dunia kita yang berdosa dan berbahaya ini, bahkan sekalipun kita memilih untuk hidup bagi Allah. Kelihatannya bukan merupakan gambaran yang menyenangkan. Apakah Saudara ingin hidup dalam keadaan dunia yang demikian? Saya tidak mau. Namun ada kabar gembira, yaitu bahwa kita tidak akan lama lagi hidup dalam keadaan dunia yang menyedihkan ini. Karena Yesus akan kembali untuk Saudara dan saya. Yesus harus kembali, kalau tidak dunia ini akan terus merosot menuju kemusnahan, namun kita ketahui dari Firman Allah bahwa dunia ini tidak akan berakhir dengan cara demikian.
Apakah saudara masih ingat pada kapten kapal yang melihat amaran pada radarnya, namun tidak mau mempercayainya? Dia tidak sendirian. Dia merupakan salah satu contoh tentang kecenderungan cara berfikir manusia. Seorang penulis yang menulis satu artikel yang menarik untuk majalah Smithsonian tentang Sungai Mississippi menceritakan tentang apa yang dia pelajari dari pengalamnnya ketika dia menelusuri sungai ini dengan sebuah perahu karet kecil berukuran 3,6 meter dari Memphis, Tennessee sampai ke teluk Mexico. Dia terangkan tentang tanggul raksasa yang sudah dibangun untuk mencegah sungai tersebut dari membanjiri kota-kota dan tanah perkebunan disekitar sungai itu. Lebih dari delapan juta orang tinggal didaerah Delta sungai dan dilindungi oleh tanggul itu, dengan suatu kepercayaan bahwa mereka selamanya akan aman dari kemungkinan meluapnya air sungai melewati tanggul tersebut. Seorang insinyurnya berkata kepada penulis: "Orang didaerah ini memiliki keyakinan bahwa semuanya sedang terkendali." Ia kemudian melanjutkan pembicaraannya dan berkata, "Keyakinan mereka ini merupakan perasaan aman yang semu. Sampai saat ini kita belum melihat apa yang dapat dilakukan oleh sungai terhadap lembah ini. Kita tidak memiliki kendali sama sekali." Dalam artikel yang diterbitkan dibulan Februari 1993, penulisnya, yaitu Michael Parfit memperkirakan bahwa dalam waktu yang tidak lama banjir akan terjadi. Dan benar, hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja, yaitu dimusim panas di tahun 1993, salah satu banjir yang paling dahsyat dalam sejarah Sungai Mississippi melanda seluruh daerah sekitar sungai tersebut. Tentu saja penulis ini tidak mempunyai firasat bahwa perkiraannya itu akan terjadi dalam waktu yang dekat.
Firman Allah selalu benar. Yesus segera akan datang lagi. Dan waktunya sudah tidak lama lagi. Yesus katakan bahwa ada satu tempat yang lebih baik dari dunia kita ini. Tempat dimana tidak ada kejahatan, tidak ada sakit penyakit, tidak ada penderitaan dan tidak ada kematian. Tempa itu adalah surga, dan Yesus rindu membawa kita kesana. Saya belum pernah kesana, namun dari apa yang telah saya baca dan dengar, tempat itu merupakan tempat yang sangat mengagumkan. Bacalah bagaimana Ny. Ellen Gold White terangkan mengenai surga yang dia lihat dalam penglihatannya:
"Malaikat-malaikat mengelilingi kita semua ketika kita berbaris diatas bukit laut kaca menuju pintu gerbang kota itu. Yesus mengangkat tangannya yang mulia dan hebat itu, memegang pintu pintu gerbang mutiara itu, mendorongnya kebelakang diatas engsel-engselnya yang gemerlapan, dan berkata kepada kita, "Kamu yang telah membasuh jubahmu dengan darah-Ku, masuklah kedalam." Kami semua masuk kedalam dan merasa bahwa kami memiliki hak yang penuh didalam kota itu."
"Disini kami melihat pohon kehidupan dan takhta Allah. dari takhta itu keluarlah air sungai murni, dan disebelah menyebelah tepi sungai itu terdapat pohon kehidupan. Ditepi sebelah sungai itu batang pohon itu tumbuh dan batang yang lain ditepi seberang sungai itu, kedua batang itu dari emas murni yang tembus pandangan. Mula-mula saya mengira saya melihat dua pohon. Lalu saya melihat kembali, barulah saya melihat bahwa kedua batang itu bersatu diatas menjadi satu pohon saja. Jadi itulah pohon kehidupan yang batangnya tumbuh disebelah menyebelah sungai kehidupan. Dahan-dahannya melengkung sampai tempat dimana kami berdiri, dan buahnya sangat indah; tampaknya seperti emas bercampur perak."
Ellen Gold White kemudian melanjutkan menggambarkan tentang dunia yang baru itu dimana ia melihat rumah yang mulia, kebun yang penuh dengan segala jenis bunga, dan rumput berwarna hijau yang memantulakn warna perak dan emas. Kemudian Ny. Ellen Gold White melihat kebun yang penuh dengan segala jenis binatang seperti singa, domba, macan, serigala, dan "semuanya bersatu dengan sempurna". (Tulisan-tulisan Permulaan, Hlm. 63-66)
Kelihatannya terlalu indah untuk dipercayai, bukan? Surga bukan merupakan tempat khayalan, tetapi sesuatu hal yang nyata. Disana sudah ada rumah yang sudah tersedia bagi Saudara dan saya. Apakah Saudara berminat kesana? Semuanya dapat kesana.
Ditahun 1994, Penerbangan Northwest pernah memberikan suatu tawaran yang istimewa dan menarik, yaitu jika anda membayar harga tiket sebesar $59.00, mereka akan membawa anda kesuatu tempat di amerika yang tujuannya merupakan suatu misteri. Siapa yang mau menerima tawaran ini harus membeli tiket pesawat, harus berada dilapangan dan siap berangkat tanpa mengetahui tujuannya. Pada saat yang ditentukan, ada 1500 orang yang datang dibandara udara Indianapolis untuk antri dan membeli tiket dengan kota tujuan yang masih dirahasiakan ini. Mereka semua dilayani berdasarkan siapa yang pertama tiba, mereka yang lebih dahulu dilayani. Seperti yang dapat anda perkirakan, sebagian diantara para pembeli tiket ini kecewa saat mereka tahu kemana tujuan mereka. Bahkan ada salah seorang calon penumpang yang sudah mendapatkan tiket dengan tujuan Minneapolis yang berlari kesana kemari untuk berusaha menjual tiket tersebut dengan harga berapa saja yang dapat dijualnya.
Bila kita berbicara tentang keselamatan, tidak ada hal seperti "Mystery Ticket" ini. Saat ini Yesus sedang menawarkan kepada Saudara "Ticket Ke Surga", dan harganya bukan jutaan rupiah, bahkan juga bukan seharga $59.00. Tiket yang Yesus tawarakan ini "GRATIS!!!" Bahkan untuk mendapatkannya Saudara tidak perlu antri yang panjang dan Saudara tidak perlu cemas akan kehabisan tiket saat giliran Saudara tiba.
Kedatangan Yesus yang kedua kali merupakan peristiwa yang nyata yang akan segera terjadi. Bagi sebagian orang, yaitu mereka yang sudah bersedia, peristiwa tersebut merupakan saat yang menggembirakan. Namun bagi yang lain, yaitu yang belum bersedia, peristiwa itu akan merupakan saat yang menakutkan, yang penuh dengan air mata dan penyesalan. Dalam kelompok manakah Saudara akan berada ???????
Disadur dari bahan bacaan "Minggu Sembahyang Pemuda Advent Senior" http://begenministry.multiply.com/journal/item/12

Ellen G. White: NABI TUHAN ATAU NABI SETAN? (Pendiri Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh)

Tulisan ini sengaja dibuat untuk memberikan doktrin yang benar mengenai Alkitab. Saya dengan teguh berpegang bahwa TIDAK ADA FIRMAN LAIN SELAIN ALKITAB. Kebenaran yang ada dalam Alkitab sudah final dan tidak perlu ditambahkan lagi seakan-akan apa yang Tuhan wahyukan belum lengkap. Namun beberapa orang Advent tetap berpendapat dengan menggunakan beberapa ayat Alkitab yang sebenarnya lepas dari konteks dan berkata bahwa Nubuatan masih tetap ada dimana artinya Tuhan bisa saja memberikan pewahyuan baru.

Sebenarnya apa yang mereka percayai pada akhirnya sama dengan Gereja Mormon atau Saksi Yehova. Dimana pada awalnya mereka menganggap tulisan pendiri mereka sebagai penerang dalam membaca Alkitab.  Semuanya berkata bahwa tulisan mereka adalah Nubuat. Lalu bagaimana dengan nubuat yang ada di bawah ini.

http://1.bp.blogspot.com/-S_yNo6ywnjw/TVjWQGZ8TBI/AAAAAAAAAEc/PmW4pIMn3dg/s200/images+%252819%2529.jpg
Mengapa saya menulis tentang Advent? Alasannya sederhana: karena mereka adalah aliran yang paling rajin (selain Saksi Yehova) menginjil kepada Orang Kristen dengan alasan bahwa penginjilan bukan hanya membawa orang percaya Yesus tapi juga mengajarkan mereka apa yang benar. Dan bagi orang Advent, apa yang benar adalah apa yang Alkitab dan Ellen G. White katakan. Contohnya: apakah Alkitab pernah melarang orang untuk minum kopi dan teh? Lalu siapa yang melarang kalau bukan Ellen G. White?




NUBUATAN ELLEN G. WHITE BERTENTANGAN DENGAN FAKTA
White mengklaim mengenai kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang yang disingkapkan kepadanya: “Roh Allah membuka pikiran saya akan kebenaran dari firmanNya, serta beberapa adegan (kejadian) yang ada di masa lalu dan masa depan,  . . .”. The Great Controversy,p. xi. Dia membuat beberapa prediksi selama masa pelayanannya di Gereja Advent-Hari Ketujuh. Dan kita harus berani untuk mengujinya dengan terang kebenaran.

1. Masa depan Yerusalem
White menubuatkan bahwa "Yerusalem kuno tidak akan pernah dibangun lagi". Dalam Early Writings, p. 75, dia berkata, “... saya juga melihat bahwa Kota Tua Yerusalem (Old Jerusalem) tidak akan pernah dibangun kembali...". Yang perlu diingat, ketika White berkata Yerusalem sama sekali bukan Yerusalem dalam arti rohani melainkan Yerusalem dalam arti fisik. 
Kebenaran: Sejak kelahiran kembali Negara Israel tahun 1948, kita dapat melihat dengan pasti akan pembangunan Yerusalem. Orang Advent sering berkata bahwa apa yang dimaksud White dengan Yerusalem adalah Yerusalem dalam arti rakyat dan paham, tapi kalau kita melihat konteks, yang dimaksud adalah Yerusalem secara fisik.

2. White masih hidup ketika Yesus datang kembali
Dia memprediksi (atau dia menyebutnya dengan bernubuat) bahwa dia masih hidup ketika Yesus datang. "Kemudian kubur-kubur terbuka dan orang mati akan keluar mengenakan pakaian keabadian. ke-144.000 orang itu kemudian akan bersorak "Haleluya!" ... pada saat yang sama kita akan berubah dan terangkat bersama-sama dengan mereka ..." Early Writings, pp. 15-16. 
Perlu kita pahami disini adalah bahwa, White membagi orang dalam dua kelompok ketika Yesus datang. Kelompok pertama adalah kelompok orang yang sudah mati sebelum kedatangan Yesus dan yang kedua adalah kelompok yang masih hidup. Dan White memasukkan dirinya sebagai orang yang masih tetap hidup (perhatikan kata kita akan berubah) ketika Yesus datang.
Kebenaran: Ellen G. White meninggal di rumahnya dekat St. Helena, California tanggal 16 Juli 1915. Delapan hari kemudian ia dikuburkan berdampingan dengan suaminya James White di Pekuburan Oak Hill, Battle Creek, Michigan. Dan sampai dengan tahun 2010, dan Yesus belum datang juga untuk kedua kalinya.

3. Inggris akan menyerang Amerika Serikat
Tahun 1862, White menubuatkan, “ketika Inggris mendeklarasikan perang (melawan pasukan Utara dalam masa perang saudara), seluruh bangsa akan kepentingannya masing-masing ..." Selanjutnya White kembali mengatakan "Bangsa ini (Amerika Serikat) akan menjadi seperti debu [humbled in to the dust]" Testimonies for the Church, Vol. 1, p. 259.
Kebenaran: Sejarah perang Amerika jelas sekali menunjukkan bahwa Inggris sama sekali tidak pernah mendeklarasikan perang terhadap Amerika selama masa perang saudara, dan sampai saat ini Amerika Serikat masih eksis dan sama sekali tidak menghamba kepada Inggris ataupun Britania Raya.

4. Perang Saudara di AS merupakan tanda kedatangan Yesus kedua kali
"Saya melihat sebuah marabahaya yang besar yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Aku mendengar erangan dan teriakan serta melihat perusahaan-perusahaan besar terlibat pertempuran secara aktif. Aku mendengar dengungan meriam, bentrokan senjata serta pertempuran dengan tangan kosong serta erangan dan doa dari mereka yang sekarat.... Tanda-tanda kedatangan Kristus terlalu nyata untuk diragukan" Testimonies for the Church, Vol. 1,p. 260
Kebenaran: Sama seperti di atas, ternyata Amerika Serikat justru mengalami pertumbuhan setelah Perang Saudara.
http://4.bp.blogspot.com/-mHE_XB6cP-o/TVjXPNM350I/AAAAAAAAAEk/D_e4UBki26c/s200/images+%25281%2529.jpg

5. Tahun 1850, White menyatakan Yesus akan datang
Beberapa orang percaya bahwa kedatangan Tuhan masih jauh, ... Saya melihat waktu Yesus untuk menempati tempat Maha Kudus hampir selesai Early Writings, p. 58.
Dalam pengelihatannya tanggal 27 Juni 1850, seorang Malaikat berkata bahwa "Waktunya sudah sangat dekat"... Malaikat itu berkata "Bersiap, bersiap, bersiap..." Early Writings, p. 64.
White kemudian melanjutkan lagi pesan yang didapat bahwa waktu Tuhan tinggal dalam hitungan bulan: "Tapi sekarang waktunya sudah hampir tiba, apa yang kita sudah pelajari selama bertahun-tahun, mereka (merujuk kepada orang yang terlambat mengenal kebenaran versi Advent) harus mempelajarinya dalam waktu beberapa bulan". Early Writings, p. 67.

6. Orang Advent yang hidup di tahun 1856 akan tetap hidup dan menyaksikan kedatangan Yesus
Bulan Mei 1856, White mendapatkan sekali lagi sebuah nubuatan yang unik ketika melakukan pertemuan di Battel Creek, Michigan.Dia menyatakan bahwa sebagian dari mereka akan mati dan menjadi "makanan cacing"dan sebagian lagi akan tetap hidup dan menjadi "subjects of the seven last plagues,” sementara yang lain akan  “tinggal di bumi" Testimonies forthe Church, Vol. 1, pp. 131-132

7. Dia melihat Henokh di Planet Yupiter atau Saturnus. 
Tuhan memberikan sebuah penglihatan mengenai dunia lain, Dia memberikan saya sayap dan seorang malaikat membawa saya ke sebuah tempat yang sangat bercahaya dan penuh kemuliaan... Kemudian saya dibawa lagi ke sebuah dunia yang memiliki tujuh bulan. Disana saya melihat Henokh...". Early Writings, pp. 39-40.
James White (suami Ellen G. White) memverifikasi penglihatannya. Dia menulis "Di Konfrensi kita di Topsham, Maine bulan November yang lalu, Ellen mendapatkan penglihatan mengenai karya tangan Tuhan. Dia dibawa ke palnet Yupiter, Saturnus dan sebuah planet lagi. A Word to the “Little Flock,” p. 22.
Kebenaran: Gambar satelit menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan di Yupiter ataupun Saturnus.

PERINGATAN ALKITAB
18:20

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.

18:21


Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? --

18:22


apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."



NUBUATAN WHITE BERTENTANGAN DENGAN ALKITAB

http://3.bp.blogspot.com/-LhAtO2Q_vZo/TVjXGHoe_2I/AAAAAAAAAEg/wNJeg2v-uuo/s200/images.jpg
Bab ini menunjukkan pernyataan dari Ny. White dimana dapat kita lihat pertentangannya dengan Alkitab.Tahun 1905, dia menyatakan bahwa: 
1. "Ada satu mata rantai antara apa yang saya tulis dengan kebenaran tanpa ada satupun yang menyelewengSelected Messages, Bk 3, p. 52.
2. Alkitab harus dibaca sebagai mana adanya. Lebih baik jika mereka (pembaca Alkitab) tidak diberikan penjelasan Alkitab sama sekali daripada memberikan mereka Alkitab yang disalahtafsirkan"The Great Controversy, p. 521.
3. Tuhan tidak pernah bertentangan dengan DiriNya sendiri" Letter 329,1905. Letter to Elder Burden.

Namun dalam tulisannya dia melakukan beberapa kesalahan fatal:

1. Menara Babel didirikan sebelum Air Bah
Dalam tulisannya di  Spirit of Prophecy, Vol. 1, p. 266 tahun 1870: Tuhan menetapkan suatu sistem persembahan kurban dengan Adam setelah kejatuhannya, yang ditujukan untuk semua keturunannya. Sistem ini dirusak sebelum Air Bah oleh mereka yang memisahkan diri dengan para pengikut Tuhan yang setia dan terlibat dengan pembangunan Menara Babel". Spiritual Gifts, Vol.3, p. 301, 1864 edition.
Kata Alkitab: Jelas sekali bahwa peristiwa pendirian Menara Babel (Kejadian 11) terjadi sesudah Air Bah (Kejadian 6-9)

2. Tuhan mengirim Malaikat untuk bercakap dengan Kain
"Tuhan mengirimkan seorang malaikat untuk bercakap dengan Kain. Malaikat itu menanyakan kepada Kain mengenai alasan kemarahannya dan memberitahukannya jika saja dia berlaku baik dan mengikuti petunjuk Tuhan, maka Tuhan akan menerima persembahannya".  . . Spiritual Gifts, Vol. 3, pp.48-49.
Kata Alkitab Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?. Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya." (Kejadian 4:6-7). Jadi yang berkata demikian bukanlah Malaikat melainkan Tuhan sendiri.

3. Kita jangan pernah berkata kalau kita sudah diselamatkan
Dalam Christ’s Object Lessons, p. 155 (1900 edition), Ny. White menyatakan: Setiap orang yang menerima Yesus dan berkata dengan yakin, saya diselamatkan, berada dalam bahaya karena mempercayai diri mereka sendiri... Mereka yang menerima Juruselamat, bagaimanapun setelah pertobatannya, jangan pernah berpikiran untuk berkata atau merasa kalau mereka sudah diselamatkan.”Selected Messages,      Vol. 1, p. 314.
Dengan kata lain, bahwa Ellen G. White dan seluruh orang Advent tidak percaya akan kepastian keselamatan yang diberikan Yesus. (baca lebih lengkap disini)
Kata Alkitab: Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. (1 Yoh 5:13). Kisah Rasul 16:31 berkata "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." Anda juga bisa melihat dalam Yoh 6:37-47; Efesus 2:1-7; 1 Kor 1:4-9 dan Filipi 1:6.

4. Meterai Allah adalah Sabat
"Tanda atau meterai Allah dinyatakan dalam pemeliharaan Sabat Hari Ketujuh, yang merupakan peringatan akan Penciptaan." Testimonies for the Church, Vol. 8, p. 117
"Sabat yang merupakan hukum keempat adalah meterai dari Allah". The GreatControversy, p. 640.
“Meterai Allah diberikan kepada mereka yang menjaga Hari Sabat Tuhan"  ABible Commentary, p. 980.
Kata Alkitab:Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. (Efesus 1:13) Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita. (2 Korintus1:21-22) Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.(Efesus 4:30).

5. Perjanjian tidak diselesaikan di oleh Kematian Yesus
Sekarang, sementara Imam Besar kita membuat perjanjian untuk kita, kita harus berupaya untuk sempurna dalam Kristus". The Great Controversy, p. 623.
". . . bukannya datang ke bumi ketika berakhirnya perhitungan 2300 hari di tahun 1844 (Yesus pernah dinubuatkan oleh William Miller datang pada tahun itu), Kristus masuk ke Ruang Maha Kudus di Surga untuk menyelesaikan perjanjian (atonement).   The   GreatControversy, p. 422.
Kata AlkitabSebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. (Ibrani 9:26, lebih baik baca dari ayat pertama) Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah (Ibrani  10:12).


NUBUATAN DAN TULISAN WHITE YANG TIDAK TERDAPAT DALAM ALKITAB

1. Setan memohon pengampunan di Sorga
"Berulang kali dia (setan) mengajukan permintaan maaf untuk pertobatan dan penebusannya". The Great Controversy,pp. 495-496.

2. Adam diberikan mahkota
"Adam  dimahkotai sebagai raja di Eden".  Seventh-dayAdventist Bible Commentary, Vol. 7a, p. 1082.

3. Ular yang menggoda Hawa memiliki sayap
"Penggoda itu adalah makhluk yang indah dengan sayap; dan ketika terbang melintasi udara, penmpilannya sangat bercahaya menyerupai warna emas mengilap. Dia tidak berjalan ditanah melainkan pergi dari satu tempat ke tempat lain melewati udara dan memakan buah seperti manusia." SpiritualGifts, Vol. 3, pp. 39-40.

http://3.bp.blogspot.com/-nEIS1wpuMUc/TVjXsMxqM4I/AAAAAAAAAEo/m-DnakVAKpc/s200/images+%25282%2529.jpg
4. Tuhan mengadakan sidang untuk menentukan apa yang harus diperbuat
Berita kejatuhan manusia menyebar di seluruh surga -- semua kecapi berhenti. Dan para malaikat melemparkan mahkota mereka dengan penuh kesedihan. . . . Sebuah sidang diadakan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan terhadap pasangan yang bersalah ini" Spiritual Gifts,Vol. 3, p. 44.

5. Malaikat berani mati bagi manusia
Seorang malaikat, kata Ny. White, begitu tertarik kepada keselamatan manusia sehingga bisa ditemukan diantara mereka yang mau untuk menyerahkan kemuliaan mereka dan memberikan nyawa mereka bagi manusia terhukum"EarlyWritings, p. 127.

6. Persembahan Habel dilahap oleh sinar dari Sorga
"Sebuah kilatan cahaya dari Surga menghabiskan persembahan Habel". Spiritual Gifts, Vol. 3, p. 48.

7. Malaikat masih berkomunikasi dengan Adam setelah kejatuhannya
"Malaikat masih berkomunikasi dengan Adam setelah kejatuhannya dan memberikan informasi mengenai rencana keselamatan ...". SpiritualGifts, Vol. 3, p. 52.

8. Adam memelihara Sabat
"Sabat diberikan sebelum kejatuhan. Karena Adam dan Hawa tidak mematuhi perintah Tuhan dan memakan buah terlarang, mereka diusir dari Eden namun mereka tetap memeliharan Sabat setelah kejatuhan tersebut." SpiritualGifts, Vol. 3, p. 52.
9. Tuhan memindahkan Eden dan akan mengembalikannya lagi ke bumi
Taman Eden yang sejati, ... dan dengan perlindungannya yang sempurna mengambilnya dari bumi dan akan mengembalikannya lagi. Spiritual Gifts,Vol. 3, p. 55.

PERINGATAN ALKITAB
"Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini." (Wahyu 22:18-19)

ORANG KRISTEN TIDAK PERCAYA HARI KIAMAT

Ketika film berjudul "2012" muncul di bioskop sekitar tahun lalu, maka ada banyak pertanyaan dan pernyataan mengenai kebenaran hari kiamat. Bahkan ketika kalender suku Maya ditemukan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012, tiba-tiba "gereja" seperti terikut arus dengan nubuatan-nubuatan yang tidak bertanggung jawab.


PEMBOHONGAN PUBLIK DAN KURANGNYA PENGETAHUAN
Tahun 2009 ketika film berjudul "2012" muncul, seorang pengkhotbah wanita (yang saya dengar langsung) berkata bahwa "Tuhan berkata bahwa 2012 akan terjadi kiamat". Bahkan dia juga menambahi dengan bumbu-bumbu bahwa ilmuwan terhebat serta beberapa pendeta di Amerika sedang melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat untuk membahas hal ini. Kemudian para ilmuwan berpendapat bahwa tahun 2012 akan terjadi tabrakan antar planet yang akan menyebabkan musnahnya bumi.
Kemudian salah satu pendeta yang hadir di tempat itu membocorkan hasil pembicaraan tersebut, dan pengkhotbah wanita ini mendapat pesan langsung dari Pendeta asal Amerika tersebut (dia tidak menyebut namanya dengan alasan sangat rahasia).
PERTANYAANNYA: APAKAH ANDA PERCAYA HAL INI? Pasti tidak. Tapi mayoritas jemaat yang hadir dalam ibadah tersebut sangat percaya.


TIDAK ADA HARI KIAMAT!
Pengertian Hari Kiamat
Izinkan saya menjelaskan terlebih dahulu mengenai kiamat. 
Pengertian kiamat dari organisasi.org: "Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali."
Jadi intinya, hari kiamat adalah suatu HARI dimana Tuhan menghancurkan bumi serta isinya. Hari kiamat terjadi dalam SATU HARI dimana Tuhan menghancurkan seluruh isi bumi.
Contoh: Seandainya kiamat terjadi tanggal 20 Desember 2012 (seperti isu yang berkembang), maka pada tanggal itu seluruh bumi akan hancur. Keesokkan harinya (21 Desember 2012) bumi sudah tidak ada lagi, karena sudah hancur.


Alkitab tidak mengajarkan KIAMAT
Ya, ALKITAB TIDAK MENGAJARKAN TENTANG KIAMAT. Anda boleh mencari di seluruh Alkitab, maka Anda tidak akan menemukan satupun kata "KIAMAT". Yang Alkitab ajarkan bukanlah kiamat, melainkan AKHIR ZAMAN. Lah, bukankah keduanya sama saja? Tentu saja berbeda. 




PERBEDAAN KIAMAT DENGAN AKHIR ZAMAN
Akhir Zaman tidak terjadi dalam satu hari
Berbeda dengan kiamat (terjadi pada satu hari tertentu), maka akhir zaman tidak terjadi dalam satu hari tetapi dalam satu masa dan kurun waktu tertentu. 


2 Petrus 3:3 bahkan ditulis: "Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya."


Perhatikan kalimat "hari-hari" yang merupakan bentuk kata jamak, bukan kata tunggal. Artinya bahwa akhir zaman terdiri dari beberapa hari, bukan hanya dalam satu hari. Itu sebabnya Alkitab menggunakan kata "ZAMAN" bukannya "hari akhir".


Contoh: Jika akhir zaman dimulai tanggal 20 Desember 2012, maka keesokkan harinya (21 Desember 2012) bumi tetap ada bahkan selama tujuh tahun (sampai dengan 2019), manusia masih tetap hidup di bumi.
Jadi ketika "akhir zaman" dimulai, masih ada banyak manusia yang tetap tinggal di bumi dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Namun tentu saja yang masih tertinggal adalah orang-orang yang tidak percaya Yesus ataupun orang yang hanya mengaku Kristen tapi tidak hidup sungguh dalam Kristus.



Bumi tidak langsung hancur
Suatu saat bumi memang akan dihancurkan, karena Tuhan akan menempatkan manusia di Yerusalem yang baru (Wahyu 21:2). Namun kehancuran bumi tidak terjadi pada tanggal 20 Desember 2012 (jika akhir zaman dimulai tanggal tersebut). Yang harus diingat bahwa ketika akhir zaman dimulai, maka Alkitab mencatat bahwa masih ada aktivitas yang akan terjadi di bumi seperti perang Armageddon (Why 16:16), dua saksi Tuhan yang berperang (Wahyu 11), dan lainnya.




BUMI HANCUR, JANGAN TAKUT DAN JANGAN KHAWATIR
Saya sampai saat ini percaya bahwa bumi tidak akan hancur akibat tabrakan meteor ataupun akibat sinar matahari yang menyebabkan lapisan ozon. (sekali lagi ini hanya kepercayaan saya).
Saya sendiri sangat percaya bahwa orang percaya yang sungguh-sungguh hidup didalam Kristus tidak perlu khawatir dengan kehancuran bumi. Karena kita tidak akan mengalaminya. Sekali lagi kita tidak akan mengalaminya (jika Anda adalah orang yang hidup di dalam Tuhan). Mengapa?


1 Tesalonika 4:16-17: Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.


Jelas sekali karena sebelum akhir zaman dimulai, orang percaya akan mengalami pengangkatan (rapture) sehingga tidak sempat mengalami kehancuran bumi. Bahkan tidak akan mengalami penyiksaan dari Anti-Kris.


Pengkhotbah memiliki tanggung jawab untuk tidak menakuti jemaat
Lho koq temanya seperti ini? Maksud saya adalah ada banyak pengkhotbah yang terlalu heboh memberitakan mengenai kehancuran bumi ataupun kemusnahan makhluk hidup entah karena berita mengenai 2012 atau bukan. Tapi seperti cerita yang saya paparkan diatas, ada banyak orang yang akhirnya ketakutan mendengar berita seperti itu. Saya yakin pengkhotbah bukann bertugas untuk menyebarkan ketakutan sehingga orang bertobat. 
1 Yohanes 4:18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman


Jika Anda mendengar berita seperti itu: tenang saja. Karena walaupun seandainya Tuhan menghendaki akhir zaman (ataupun orang lain menyebut kiamat) pada tahun 2012, Anda tidak akan mengalami hal tersebut karena kita hidup dalam Kristus.


Iman dan doa saya bahwa suatu saat kita akan berkumpul di Sorga. Oleh sebab itu, hidup sungguh dalam Kristus.

DAFTAR NAMA MALAIKAT DALAM BUDAYA KRISTEN (Bag. 1)

Malaikat adalah makhluk yang merupakan utusan Tuhan. Bahasa Yunani ἄγγελος (angelos) merupakan terjemahan dari bahasa Ibrani  מלאך(mal'akh) yang memiliki akar kata yang sama dengan bahasa Arab  ملائكة (Malāīkah) yang juga terdapat dalam tulisan Al-Quran. Istilah "malaikat" dalam Alkitab, מלאך ('malakh"), mendapatkan artinya hanya ketika disebutkan bersama-sama dengan pengutusnya, yaitu Allah sendiri, seperti misalnya dalam "malaikat TUHAN," atau "malaikat Allah" (Zakharia 12:8).

Daftar Nama-Nama Malaikat yang saya buat ini didasarkan atas "Jewish Encyclopedia" yang mencatat beberapa nama malaikat yang dikenal dalam budaya dan tradisi Ibrani, namun dalam bagian pertama ini saya hanya fokus dengan malaikat yang tercatat di Alkitab saja. Kitab Daniel adalah orang pertama yang menyebutkan malaikat sesuai dengan namanya. 

Daniel 9:21 "sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang 
telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari."

Daniel 10:13 "tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia."

Alkitab sendiri hanya mencatat dua nama yaitu Gabriel dan Mikhael, namun ada beberapa sumber lain yang mencatat nama-nama malaikat. Dalam tradisi Kristen, dikenal dengan sebutan tujuh Malaikat Utama. Berikut adalah nama para malaikat:


1. Gabriel
Malaikat Gabriel adalah salah satu Malaikat terpenting dalam Alkitab. Dalam tradisi para Rabi Yahudi, Gabriel termasuk salah satu dari empat Malaikat penting yang disebut "sarei ha-panim", yang merupakan para malaikat tertinggi. Gabriel sendiri bertahta di tangan kiri Tuhan. Itu sebabnya dalam tradisi Kristen ataupun Islam, bahkan dalam Kitab 1 Henokh (salah satu kitab Yahudi), dia disebut juga sebagai Pangeran Api (kata "api" yang dimaksud tidak ada hubungannya dengan neraka).

§  Gabriel (Gamal-Beith-Resh-Alaph-Lamadh) berasal dari
§  Gbra = pelindung, perkasa, benteng.
§  El = Allah, Tuhan, Eloah.
Secara hurufiah bisa berarti:
§  pelindung-Tuhan
§  perkasa-Tuhan
§  benteng-Tuhan

TUGAS
Gabriel adalah Malaikat yang bertugas untuk menyampaikan pewahyuan ataupun pesan yang ingin Tuhan sampaikan kepada nabinya atau umatnya. Bersama Mikhael, dia merupakan Malaikat yang menyaksikan kejatuhan Adam dan Hawa serta menjadi salah satu dari tiga malaikat yang memunculkan diri kepada Abraham dan memberitahukan mengenai kelahiran Ishak. 
Dia juga adalah Malaikat yang menghancurkan kota Sodom dan Gomora. Dalam kitab Daniel 8 dan 9, bersama Mikael, dia memberikan pewahyuan mengenai akhir zaman kepada Daniel.
Selain itu, Gabriel juga bertugas sebagai Malaikat pelindung. Dalam masa tua Abraham, Gabriel menjaga Abraham dengan tangannya. Dia juga yang menjaga bangsa Israel ketika dalam masa penjajahan di Mesir (sumber: Yalkut Exodus; Sot 12b). 
Dalam Perjanjian Baru, Gabriel juga memberitakan kabar dari Tuhan mengenai kelahiran Yohanes Pembaptis serta kelahiran Yesus kepada Maria dan Yusuf. 
Menurut tradisi Ibrani lisan (tidak berdasarkan tulisan) pada akhir zaman nanti, Gabriel akan meniupkan terompet atau sangkakala tanda akhir zaman. 


2. Mikhael
http://2.bp.blogspot.com/-Y2lY0PmAjCI/TagD4X4WV8I/AAAAAAAAAHc/VAo7meLsHR0/s200/mic+luc.jpg
Mikhael mengalahkan Lucifer
Malaikat Mikail (bahasa Ibrani מיכאל Micha'el atau Mîkhā’ēl, bahasa Latin Michael atau Míchaël) adalah penghulu malaikat atau pemimpin bala tentara surga yang disebut dalam Kitab Wahyu 12:7. Dalam bahasa Ibrani, nama Mikhael berarti "Siapa yang seperti Tuhan" (Mi- Siapa, Ke-sebagai El-Allah). Atau terjemahan sederhananya adalah "Tidak ada yang seperti Tuhan".
Mikhael atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Michael berasal dari kata Ibrani yang memiliki ejaan sama dengan Bahasa Indonesia dan juga bahasa Yunani. Mikhael adalah komandan dari para Malaikat yang sering disebut sebagai bala tentara Allah. Dalam kitab Daniel, Yudas dan Wahyu disebutkan bahwa Mikhael terlibat peperangan dengan pasukan Iblis (Lucifer) ketika berperang. 

Dalam Yosua 5:13-15 dikatakan "Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?" Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?" Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus." Dan Yosua berbuat demikian."

Saksi Yehova yang merupakan aliran sesat terbodoh yang pernah ada memiliki kepercayaan bahwa Mikhael dan Yesus merupakan orang yang sama. Mikhael dipercayai menjelmakan dirinya menjadi seorang manusia tak berdosa yang mengambil rupa manusia, yaitu Yesus.


3. Rafael
"I am the Angel of Raphael, one of the seven who stand before the Lord" (Tobit 12:15)
Dari ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternyata ada tujuh Malaikat yang mempunyai pangkat yang sangat tinggi di Sorga. Nama malaikat Rafael memang tidak ditemukan di Alkitab secara umumnya tetapi terdapat di Deutrokanonika atau yang lebih dikenal dengan Alkitab orang Katolik. 
Nama Raphael terambil dari bahasa Ibrani רָפָאֵלRāp̄āʾēl, "Allah Penyembuh. 
Malaikat Raphael seringkali digambarkan dengan orang yang sedang memegang ikan yang sangat besar. Menurut kitab Tobit, Raphael pernah ditugaskan Tuhan untuk memberikan kesembuhan kepada Tobit dan untuk melepaskan adik iparnya yang bernama Sarah dari ikatan malaikat gelap bernama Asmodeus.


4. Uriel
Berasal dari bahasa Ibrani (אוּרִיאֵל "El/God is my light - Tuhan adalah Terangku]", Auriel/Oriel (God is my light). Dalam budaya Ibrani kuno, Uriel termasuk ke dalam jenis Malaikat dengan tingkat "Kerub", karena ketika Tuhan mengusir Adam dan Hawa dari Eden, Malaikat Uriel adalah Malaikat yang memimpin pasukan untuk menjaga agar manusia tidak bisa masuk ke taman Eden lagi. 
Nama Uriel disebutkan dalam Kitab Kuno Yahudi yaitu Kitab Henokh dan juga Kebijaksanaan Salomo (kitab ini terdapat dalam Alkitab Katolik). 




5. Raguel
Raguel (Raguil, Rasuil, Rufael, Suryan, Akrasiel) memiliki arti "Sahabat Allah". Raguel sering digambarkan sebagai Malaikat Keadilan dan Harmoni. Dalam buku Henokh, Raguel adalah salah satu dari tujuh Malaikat yang bertugas untuk menghukum dunia (pada zaman Perjanjian Lama) terhadap orang-orang yang melawan Tuhan. Dialah Malaikat yang menghukum dengan api bagi orang-orang yang melawan Tuhan. 
Dalam kitab Wahyu, Raguel sering dihubungkan dengan Malaikat yang ada di jemaat Filadelfia (Wahy 3:7). Sama seperti Uriel dan Rafael, Raguel sama sekali tidak tercatat dalam Alkitab namun terdapat dalam Kitab Henokh. 


6. Serafim
Serafim (Hebשׂרף, pl. שׂרפים Seraphimlatseraph[us], pl. seraphi[m]) adalah salah satu makhluk surga yang disebutkan sekali di dalam Kitab Suci Yahudi (Tanakh atau Perjanjian Lama), di dalam Yesaya
Berbeda dengan nama-nama Malaikat di atas
Gambaran kaum Yahudi atas makhluk ini kemudian menjadikan mereka dalam bentuk manusia, dan bentuk inilah yang kemudian mereka teruskan ke dalam tingkatan-tingkatan malaikat Kristen. Dalam hierarki malaikat Kristen, serafim mewakili tingkatan tertinggi para malaikat.
Serafim berasal dari bahasa Ibrani yang berarti "yang terbakar". Kata serafim merupakan kata jamak yang berbentuk tunggal seraf atau sarap. Artinya bahwa serafim bukanlah nama malaikat seperti Gabriel atau Mikhael, melainkan nama grup atau jenis malaikat.
Dalam tradisi Kristen, serafim merupakan malaikat paduan suara yang mengisi tahta Tuhan dengan pujian "Kudus, Kudus, Kuduslah Tuhan". Serafim adalah para malaikat yang tetap setia kepada Tuhan walaupun mantan pemimpin mereka yang bernama Luci-El memberontak terhadap Tuhan dan kemudian berganti nama menjadi Lucifer.



7. Kerubim atau Kerubium
http://2.bp.blogspot.com/-LYz4OsrYVvg/TagDy8vRPII/AAAAAAAAAHY/ljVpxNxIcH0/s200/cherub.jpg
Kerub, Malaikat dengan
empat Wajah
Dalam Alkitab, Kerubim merupakan Malaikat yang bertugas untuk menjaga kekudusan. Dalam Kejadian 3:24, Kerub ditugaskan untuk menjaga Taman Eden agar manusia berdosa tidak dapat lagi masuk kedalamnya. "Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan." 

Dalam Keluaran 25, Allah menyuruh Musa untuk membuat Tabut Perjanjian sebagai tanda kehadiran Tuhan di tengah umatNya. Dan di tiap ujung dari tabut tersebut haruslah dibuat bentuk dari malaikat Kerub. Ini sebagai pertanda bahwa apa yang ada dalam tabut tersebut merupakan benda yang sangat suci dan kudus.

Dari penjelasan Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru, dapat dipisahkan di dalam empat rupa/bentuk/wujudnya (Yehezkiel 10 dan Wahyu 4):
§  Mahluk pertama sama seperti singa
§  Mahluk kedua sama seperti anak lembu/atau muka kerub
§  Mahluk yang ke tiga, mempunyai muka seperti muka manusia
§  dan Mahluk yang ke empat sama dengan seperti burung nazar yang sedang terbang/atau muka rajawali.
Disamping kerub-kerub itu terdapat empat roda (roda-roda ini kelihatannya seperti permata yaspis), dan ke empat mahluk tersebut masing-masing bersayap enam (dua sayap terdepan mirip seperti ke dua tangan). Ke empat mahluk itu menyokong takhta Anak Domba dan tujuh obor/tujuh Roh Allah.

DAFTAR MARTIR KRISTUS

Kata “martir” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “saksi” atau “orang yang memberi kesaksian”. Namun pengertian ini dipersempit oleh Gereja Katholik Roma sebagai “orang yang berani berjuang hingga mati demi membela iman dan kepercayaannya kepada Yesus.
Pengertian yang kedua inilah yang kemudian dipahami oleh orang Kristen saat ini. Itu sebabnya saya menggarisbawahi mengenai pengertian “martir” serta syarat mutlak pemberian gelar “martir”:

1. Berani berjuang.
Artinya orang tersebut melakukan suatu usaha yang terlihat nyata dalam menyatakan imannya. Perjuangan beberapa orang bisa saja melalui pekerjaan misi, berkhotbah, membuat suatu gerakan, atau bahkan melakukan penolakkan ketika disuruh menyangkal Yesus.

2. Hingga mati.
Ini berarti orang yang disebut “martir” adalah orang yang sudah mati. Saya tegaskan sekali lagi tidak ada orang yang masih hidup yang bisa disebut sebagai martir. Jadi kalau ada orang yang mengaku diri martir sangatlah aneh kalau orang itu masih hidup. Meninggal karena usia ataupun meninggal karena sakit atau kecelakaan bukanlah kematian martir, karena sepanjang sejarah, gelar “martir” diberikan kepada orang yang mati karena dibunuh.
Ada banyak sekali pendeta dan misionaris yang rela mati (dalam arti yang sesungguhnya) ketika melakukan perjalanan misi, tapi toh mereka tetap dapat hidup sampai saat ini; itu berarti mereka bukan martir.

3. Demi membela iman dan kepercayaannya kepada Yesus.
Iman dan kepercayaan yang dimaksud dapat melalui berbagai jenis implementasi. Martin Luther King, Jr. memanifestasikannya melalui gerakan anti diskriminasi, namun ada pula tipikal seperti John Huss yang mempertahankan kebenaran yang dipahaminya walaupun berbeda dengan pemahaman gereja secara umum pada masa itu.

Berikut adalah beberapa martir yang terkemuka karena pengaruh serta pengajarannya yang membawa perubahan terhadap sejarah gereja lokal serta gereja dunia:

1.       Para Rasul dan diaken zaman Perjanjian Baru
http://3.bp.blogspot.com/_K2q6aIzBWEM/TTZfHim5XoI/AAAAAAAAADw/gciBNo7gVcU/s200/12.jpg
Berikut adalah cara kematian para Rasul (murid Yesus) serta diaken yang namanya tercatat dalam Alkitab:
- Stefanus, mati dilempari dengan batu tahun 34
- Yakobus anak Zebedeus: dipenggal tahun 44
- Filipus mati dengan cara disalib tahun 54 di Ethiopia
- Matius mati ditombak menggunakan haldberd (senjata khas Jerman kuno)
- Yakobus Muda, meninggal akibat dipentung setelah sebelumnya disalibkan dan dilempari batu
- Matias: dipenggal
- Andreas; disalib
- Markus sang penulis Injil Markus, diseret dengan kuda di Alexandria lalu kemudian dipenggal
- Simon Petrus disalibkan dengan posisi terbalik pada pemerintahan Kaisar Nero
- Petrus dipenggal di Roma. Kemungkinan terjadi pada saat bersamaan dengan kematian Petrus pada masa Kaisar Nero
- Yudas (bukan Iskariot) atau sering disebut Tadeus atau Lebeus. Meninggal dengan cara disalib
- Bartolomeus, dikuliti hidup-hidup dan kemudian digantung di salib
- Tomas (murid yang sempat menyangsikan kebangkitan Yesus) mati akibat ditombak di Mylapore, Madras (India) tahun 72. Tempat kematiannya diabadikan dengan pendirian gereja “Mar Thoma” di India
- Lukas mati di tiang gantungan
- Simon orang Zelot disalib tahun 74

Satu-satunya murid Yesus yang tidak mati "martir" adalah Yohanes. Yohanes pernah ingin dibakar oleh Nero, namun api tidak bisa menghanguskannya bahkan pernah dihukum dengan wajan panas, namun dia tidak mati. Itu sebabnya Kongres Roma memutuskan untuk menghukum dia untuk dibuang ke tempat terpencil (Pulau Patmos) dimana dia menulis Kitab "Wahyu".

Sumber yang saya ambil berasal dari Wikipedia bahasa Inggris. Namun jika ingin mengetahui hal ini lebih dalam, saya mereferensikan satu buku yang bagus “Hidupku bagi Kristus” karya F.D. Wellem cetakkan BPK Gunung Mulia dengan harga sekitar Rp. 35.000,-. Dalam buku ini, beliau menulis secara detail kematian para Rasul serta tokoh gereja abad permulaan melalui data sejarah yang valid.

2.       Yustinus Martir
Flavius Yustinus (juga disebut Yustinus dari Kaisarea atau Yustinus sang filsuf, 103-165) adalah salah seorang penulis Kristen paling terkenal lewat karyanya Liber Apologeticus - "Apologi Pertama". Pada akhir hayatnya ia menjadi martir sehingga namanya disebut sebagai Yustinus Martir.
Pada suatu perjalanannya ke Roma, ia pernah bersikap tidak ramah terhadap seseorang yang bernama Crescens, seorang Cynic. Ketika Yustinus kembali ke Roma pada tahun 165, Crescens mengadukannya kepada penguasa atas tuduhan memfitnah. Yustinus pun ditangkap, disiksa dan akhirnya dipenggal kepalanya bersama-sama enam orang percaya lainnya.
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini.)


3. Polikarpus
Polikarpus dari Smirna (mati syahid pada sekitar usia 87 tahun, sekitar 155–167 Masehi) adalah uskup Gereja di Smirna (sekarang di daerah Izmir di Turki) pada abad kedua. Ia ditikam dan mati sebagai syahid setelah usaha untuk membakarnya hidup-hidup pada tiang pancang gagal. Polikarpus dikenal sebagai seorang santo oleh Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur.
Menurut kisah, Polikarpus adalah murid langsung dari Yohanes.
Ketika dia disuruh menyangkal Yesus oleh Gubernur Romawi,  Ia mengatakan kalimat terakhirnya yang terkenal, "Selama delapan puluh enam tahun aku telah mengabdi kepada Kristus dan Ia tidak pernah menyakitiku. Bagaimana aku dapat mencaci Raja [Kristus] yang telah menyelamatkanku?".
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini.)

4. John Huss
Jan Hus, juga dikenal sebagai Yohanes Hus (sekitar 1369 - 1415) adalah seorang pemikir dan reformator agama dari Ceko (yang saat itu tinggal di wilayah itu dan dikenal sebagai Bohemia). Ia memulai suatu gerakan keagamaan yang didasarkan pada gagasan-gagasan John Wycliffe. Para pengikutnya dikenal sebagai kaum Hussit. Gereja Katolik menganggap ajaran-ajarannya sesat, dan Hus dikucilkan pada 1411, dikutuk oleh Konsili Konstanz, dan dibakar di tiang pada 6 Juli 1415, di Konstanz, Jerman.
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini) atau bisa juga melalui website sabda.

5. Joan of Arc atau Jeanne d'Arc atau Yoan dari Arc
Jeanne d'Arc (lahir di Lorraine, Perancis, 6 Januari 1412 – meninggal di Rouen, Normandia, Perancis, 30 Mei 1431 pada umur 19 tahun), (dalam bahasa Inggris: Joan of Arc) adalah pahlawan negara Perancis dan orang suci (santa) dalam agama Katolik. Ia pernah dianggap orang gila karena mengaku mendapat suatu pencerahan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan.
http://2.bp.blogspot.com/_K2q6aIzBWEM/TTZfPLbanSI/AAAAAAAAAD0/jddRL7h-INw/s200/joan.jpg
Ada banyak film yang menggambarkan perjuangan Joan of Arc yang mungkin Anda bisa tonton, dua film tentang Joan of Arc yang terakhir diproduksi mungkin "The Messenger" yang diperankan oleh Milla Jovovich atau "Joan of Arc" yang diperankan oleh Leelee Sobieski.
Dia dianggap sebagai sebagai bidat (namun pengadilan tidak bisa menunjukkan dimana kesalahannya) walaupun hukumannya lebih bersifat politis. 
Saksi mata menggambarkan suasana eksekusi pada 30 Mei 1431. Terikat pada tiang tinggi, ia meminta dua petugas, Martin Ladvenu dan Isambart de la Pierre untuk memegang salib di hadapannya. Ia berulangkali berkata "dengan suara keras menyebut nama Yesus dan memohon dan berdoa tanpa henti untuk bantuan orang suci dari surga."
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini)

6. William Tyndale
William Tyndale (±1494 – 1536) adalah seorang pembaharu Protestan pada abad ke-16 dan cendekiawan yang menerjemahkan Alkitab ke Bahasa Inggris Baru Awal pada masanya. Walaupun ada beberapa kitab dalam Alkitab yang telah diterjemahkan sebagian atau lengkap dalam bahasa Inggris Kuno pada sekitar abad ke-14, terjemahan Tyndale adalah yang pertama yang diterjemahkan langsung dari naskah dalam bahasa Ibrani dan Yunani, dan yang pertama kalinya dalam sejarah sebagai terjemahan yang diperbanyak menggunakan mesin cetak sehingga dapat dibagikan secara luas. Pada tahun 1535, Tyndale ditangkap, dipenjarakan di kastil Vilvoorde di luar Brussel selama lebih dari setahun, diadili atas tuduhan ajaran sesat, dan dieksekusi dengan cara dibakar.
Sebagian besar karya Tyndale pada akhirnya menjadi bagian dari Alkitab Versi Raja James(atau "King James Version") yang dipublikasikan pada 1611. Alkitab Versi Raja James ini dikerjakan oleh 54 cendekiawan independen, ditujukan untuk merevisi edisi bahasa Inggris yang ada pada saat itu, dan naskahnya diambil sebagian besar dari terjemahan Tyndale.

7. Kim Taegon
Andrew Kim Taegon yang lahir tahun 1821 adalah imam Katolik keturunan Korea pertama. Terlahir di tengah keluarga terpandang masyarakat Korea saat itu (yangban), orang tua Kim Taegon berubah memeluk agama Katolik dan ayahnya kemudian dihukum mati karena menjadi Kristiani - suatu tindakan terlarang di Korea yang sangat kental Konfusianisme-nya saat itu. Kim Taegon belajar di sebuah seminari di Makau dan ditahbiskan menjadi seorang imam di Shanghai setelah enam tahun. Ia kemudian kembali ke Korea untuk berkhotbah dan menyebarkan Injil. Selama masa Dinasti Joseon, agama Kristiani ditindas keras dan banyak umat Kristiani yang disiksa dan dibunuh. Umat Katolik harus secara tertutup mempraktekkan iman mereka. Kim Taegon adalah salah satu dari beberapa ribu umat Kristiani yang dihukum mati selama masa ini. Di tahun 1846, dalam usia 25 tahun, ia disiksa dan dihukum pancung. Kata-kata terakhirnya adalah:
"Ini adalah waktu terakhir dari hidupku, dengarkan aku baik-baik: bila aku pernah berkomunikasi dengan orang asing, maka hal ini terjadi untuk agama dan Tuhan-ku. Adalah untuk-Nya aku ini mati. Kehidupan abadiku baru mulai. Jadilah orang Kristiani bila engkau berharap untuk bahagia setelah meninggal dunia, karena Tuhan memiliki hukuman abadi bagi mereka yang menolak untuk mengenal-Nya."
8. Esther John
http://3.bp.blogspot.com/_K2q6aIzBWEM/TTZf49fQXOI/AAAAAAAAAD4/W3ii7dsKG_E/s320/maryt.jpg
Martyrs Statue di Westminster Abbey, yang unik
adalah para Martir bukan hanya berasal dari kelompok
Katholik dan Anglikan saja tetapi dari aliran
Protestan juga.
Esther John yang lahir dengan nama Qamar Zia (1929-1960) adalah seorang biarawati yang berasal dari Pakistan yang dibunuh oleh kelompok Islam Radikal. 
Pada usia tujuh belas tahun, dia pertama kali membaca Injil dan memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Juruselamatnya melalui pembacaan Kitab Yesaya. Awalnya dia menyembunyikan imannya sampai suatu kali dia dijodohkan dengan seorang pria muslim. Dia memutuskan untuk lari dari keluarganya dan menjadi seorang biarawati. Dia kemudian menjadi seorang misionaris bagi Gereja Reformed Presbiterian yang menginjil di desa-desa di Pakistan (Chichawatni). 
Kematiannya begitu misterius karena dia didapati terbunuh secara brutal di ranjangnya. Gereja Anglikan memasukkannya sebagai salah satu martir terkemuka di zaman modern (sesudah tahun 1900) dengan menaruh replika patungnya diantara 10 martir zaman modern lainnya yang dikenal dengan "Martyrs Statue" yang terletak di Westminster Abbey.



9. Ratu Elizabeth Feodorovna dari Rusia
Grand Duchess Elizabeth Feodorovna of Russia (Elizabeth Feodorovna Romanova, Russian: Елизавета Фëдоровна Романова) yang mendapat nama suci dari Gereja Katholik Roma sebagai St. Elizabeth Romanova (1 November 1864 – 18 July 1918) adalah seorang permaisuri Jerman dan istri dari Grand Duke Sergei Alexandrovich dari Rusia, yang merupakan putra kelima Alexander II (Kaisar Rusia). Suaminya dibunuh tahun 1905 oleh Partai Revoluis Sosialis (Komunis) dengan dinamit, tapi Elizabeth justru menyatakan bahwa dia sudah mengampuni pembunuh suaminya.
Dia kemudian menjual seluruh hartanya termasuk cincin pernikahannya untuk mendirikan rumah sakit, kapel serta bantuan obat bagi kaum miskin. Tahun 1918, pemimpin Uni Sovyet, Lenin, menjatuhkan hukuman mati dengan cara dikubur hidup-hidup terhadapnya. 
Sama seperti Esther John, Gereja Anglikan juga menaruh replika patungnya diantara 10 martir zaman modern lainnya yang dikenal dengan "Martyrs Statue" yang terletak di Westminster Abbey.

10. Dietrich Bonhoeffer
Dietrich Bonhoeffer [ˈdiːtrɪç ˈboːnhœfɐ] ( 4 Februari 1906 – 9 April 1945 ) adalah seorang pendeta dan teolog Lutheran Jerman (yang karya tulisnya sangat tidak asing bagi seorang mahasiswa jurusan Teologi seperti saya) dan seorang anggota dalam gerakan perlawanan Jerman terhadap Nazisme. Ia terlibat dalam sebuah komplotan yang dirancang oleh anggota-anggota Abwehr (Kantor Intelijen Militer Jerman) untuk membunuh Adolf Hitler. Ia ditangkap pada Maret 1943, ditahan dan akhirnya digantung, tak lama sebelum berakhirnya Perang Dunia II di Eropa.
Gereja Anglikan juga menaruh replika patungnya diantara 10 martir zaman modern lainnya yang dikenal dengan "Martyrs Statue" yang terletak di Westminster Abbey.
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini)

11. Martin Luther King, Jr
Pendeta Martin Luther King, Jr., Ph.D. (lahir dengan nama Michael King di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, 15 Januari 1929 – meninggal di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, 4 April 1968 pada umur 39 tahun) adalah penerima Nobel, pendeta Baptis dan aktivis HAM warga Afrika-Amerika. 
King adalah seorang pendeta di Gereja Baptis Montgomery, Alabama yang berjuang melawan diskriminasi rasial. Pada tahun 1963, King memimpin demonstrasi pemboikotan bus di Birmingham. Pemboikotan itu dilakukannya tanpa menggunakan kekerasan.
Ia ditembak hingga meninggal dunia di sebuah hotel tempat dia menginap ketika ia melakukan aksi di Memphis pada 4 April 1968. Peluru yang ditembak menembus tulang rahang hingga ke otak.
Gereja Anglikan juga menaruh replika patungnya diantara 10 martir zaman modern lainnya yang dikenal dengan "Martyrs Statue" yang terletak di Westminster Abbey.
Lebih lengkap lagi, anda bisa mengklik akses langsung ke wikipedia (langsung klik disini)

TSUNAMI JEPANG: CAWAN MURKA ALLAH YANG TERTUMPAH???

Ketika terjadi bencana tsunami di Jepang kemarin, tiba-tiba ada banyak tulisan di blog, situs ataupun status di Facebook dan Twitter yang berkata bahwa semua ini sudah dinubuatkan. Ada juga yang berkata bahwa ini adalah hukuman Tuhan kepada bumi dan penduduknya yang semakin jahat. Menurut id.yahoo.com:
Korban tewas akibat gempa dan tsunami mematikan di Jepang diprediksi mencapai 10.000 orang di prefektur Miyagi sendiri. Demikian dikatakan kepala kepolisian setempat kepada wartawan Ahad (13/3). 

Naoto Takeuchi, yang dikutip penyiar televisi pemerintah NHX, mengaku, tak ragu tentang jumlah korban meninggal di prefekturnya -- wilayah yang terkena bencana alam pada Jumat dengan skala terparah.

Perhitungan resmi Kepolisian Nasional pada Ahad dini hari mencatat 688 orang meninggal, 642 orang hilang dan 1.570 orang lainnya terluka.

Namun angka perhitungan itu tidak mencakup 400-500 jenazah yang ditemukan di dua lokasi di timur laut Jepang, tempat dinding air menyapu pantai. Terdapat juga ribuan orang yang tidak terhitung.

NHK melaporkan, di sebuah kota pelabuhan kota kecil, Minamisanriku, yang tersapu habis oleh gelombang tsunami, sekitar 10.000 orang dilaporkan hilang.



Benarkah semua ini terjadi karena Tuhan marah dan sudah tidak tahan melihat dosa manusia yang tidak kunjung bertobat?

TUHAN TIDAK MARAH LAGI
Saya ingin anda memperhatikan teks Yesaya 54:9-10 "Keadaan ini bagi-Ku seperti pada zaman Nuh: seperti Aku telah bersumpah kepadanya bahwa air bah tidak akan meliputi bumi lagi, demikianlah Aku telah bersumpah bahwa Aku tidak akan murka terhadap engkau dan tidak akan menghardik engkau lagi.Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau."

Ayat diatas merupakan nubuatan yang disampaikan oleh Tuhan akan masa depan yaitu ketika Yesus digantung diatas kayu salib (anda bisa baca di ayat sebelumnya). Ketika Yesus mati diatas kayu salib maka MURKA BAPA SUDAH DIPUASKAN.

Mengapa murka Bapa sudah dipuaskan? Ingat, satu hal yang Bapa marah dari manusia adalah dosa. Dan dosa itu seudah ditanggung oleh Yesus diatas kayu salib dan saat itu Bapa menumpahkan amarah dan murkaNya ketika Yesus berada diatas kayu salib; itulah sebabnya Bapa sampai memalingkan wajahNya dari Yesus. Dan ketika Yesus berkata "Sudah Selesai" itu berarti semua harga dosa sudah dibayar dan AMARAH TUHAN SUDAH TERPUASKAN ketika dia melihat AnakNya sendiri diremukkan karena dosa.

Seandainya saja saat ini Tuhan masih menghukum manusia dan masih marah dengan cara menuangkan bencana, maka pengorbanan Yesus diatas kayu salib sama sekali tidak berarti. Mengapa? Karena tidak ada gunanya Yesus mati jika Allah masih menumpahkan amarahNya. Buat apa Yesus mati kalau saja Allah masih menghukum manusia dengan cara seperti itu.

TUHAN PERNAH MARAH?? YA, SEBELUM YESUS MATI DI KAYU SALIB
Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali. Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu. (Yesaya 54:7-8)


Ya, Tuhan memang pernah marah. Setelah Tuhan menumpahkan Air Bah memang Tuhan berjanji tidak akan menghukum bumi lagi, tapi apakah Tuhan masih penuh amarah kepada manusia setelah Air Bah? Sekali lagi jawabannya adalah ya. Mengapa? Karena setelah itu Tuhan memberikan TAURAT. "Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran." (Roma 4:15).Melalui Taurat, Tuhan memberikan batasan mengenai apa yang salah dan apa yang benar. Siapapun yang melanggar Taurat berarti melakukan dosa, dan Tuhan sangat benci terhadap dosa, itu sebabnya manusia harus mempersembahkan darah kurban untuk mendamaikan.

Ketika Taurat diberikan, tidak ada satu manusiapun yang dapat mentaatinya secara penuh. Artinya semua manusia jadi berdosa karena Taurat dan Tuhan benci terhadap hal itu dan sangat marah.

ALLAH SEBENARNYA TIDAK INGIN MARAH KARENA ITU BUKAN SIFATNYA
"Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali. Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu." (Yesaya 54:7-8)


Jadi walaupun Bapa marah, Dia juga ingin mencari cara agar Dia tidak lagi dapat menghukum manusia akibat apa yang manusia perbuat. Dia marah, namun hanya sesaat sampai ketika Yesus mati di atas kayu salib.

DAMAI SEJAHTERA
Ada satu pujian yang dinaikkan oleh para Malaikat Sorga ketika Yesus lahir, yaitu ""Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya." (Lukas 2:14).

Malaikat bernyanyi seperti itu karena para Malaikat tahu bahwa Yesus yang lahit itu akan membawa damai dan menyelesaikan permusuhan antara Bapa dengan manusia yang berdosa. Bukan hanya itu, para malaikat juga tahu bahwa Yesus yang lahir itu akan membawa kedamaian antara pihak sorga dan bumi dan karena para malaikat juga tahu bahwa MURKA BAPA AKAN DIPUASKAN melalui YESUS.

PENUTUP
Dia bukanlah tipikal pribadi yang penuh dengan amarah. Seringkali kita bernyanyi dan berkata "YESUS ITU BAIK". Tapi sering banyak orang yang percaya bahwa "Yesus itu baik kalau kita menjaga hidup dari dosa". Kalau memang seperti itu, lalu apa bedanya Yesus dengan allah di agama lainnya, karena mereka juga percaya bahwa allah mereka baik selama mereka hidup suci.

Saya percaya Yesus itu baik sampai selama-lamanya bukan karena kita hidup benar melainkan karena dia datang untuk membawa damai. Jadi jangan punya pikiran lagi bahwa Bapa sedang marah kepadamu atau tangan Bapa sedang teracung kepada kita dan siap menumpahkan amarahNya. TIDAK. Anda tahu mengapa? Karena ketika Bapa melihat saya, maka Dia tidak melihat saya dengan segala kekurangan saya (karena saya tidak akan pernah cukup layak bagiNya) tetapi Dia melihat Yesus dan karyaNya dalam hidup saya.

Tersenyumlah, karena Bapa tidak marah lagi. Tersenyumlah karena bukan kita lagi yang hidup, tetapi Yesus yang hidup dalam kita.

Penjelasan Doa Bapa Kami dalam Bahasa Ibrani

(Ditulis oleh ARISTO PURBOAJI, M.Th - Gembala GBI Sion City)

Avinu shebashamayim, yitkadesh shimkhah.
Tavo malkhutekha, ye'aseh retzonekha,
ba'aretz ka'asher na'asah va'shamayim.
Ten-lanu haiyom lechem chukeinu.
U'selach lanu et ashmateinu, ka'asher
solechim anachnu la'asher ashemu lanu.
Ve'al-tevieinu lidei massah, ki-'im hatzileinu
min-hara.
Ki lekha ha-mamelakha ve-hagevurah veha-tiferet,
le'olemei 'olamim amein.

1) Avinu berasal dari kata “AV” yang artinya “Bapa”. Akhiran “Inu” menyatakan kata ganti kepemilikan “kami”
2) Shebashamayim, berasal dari kata “Hashamayim” yaitu “The Heaven/Surga”. Bashamayim berarti “di dalam surga” (awalam “be”= “di dalam”). Awalan “she”= “yang”.
3) Yitkadesh, berasal dari kata kerja “kadash”= menguduskan. Kata ini dalam bentuk kata dasar hitphael imperfect. Perlu diingat bentuk imperfect sering digunakan sebagai “jussive command” atau perintah/permintaan halus.
4) Shimkha, dari kata “shem” yang berarti “nama”. Akhiran “kha” adalah akhiran ganti pemilik “Mu”, seperti dalam “Rumahmu”.
5) Tavo, berasal dari kata kerja “bo” yang artinya “datang”. “Tavo” dalam bentuk imperfect org ke-3 tunggal feminim, sebab kata benda berikutnya bergender feminim “kerajaan”. Digunakan sebagai jussive command.
6) Malkutekha, berasal dari kata “Malkut” yang artinya “kerajaan”. Akhiran “kha” adalah kata ganti pemiliki org kedua tunggal, seperti akhiran “mu” dalam kata “rumahmu”.
7) Ye’aseh= berasal dari kata dasar “asah” yang berarti “membuat”. Bentuk imperfect, org ke-3, tunggal. Jussive command, seperti biasa.
8) Retzonkha= berasal dari kata benda “ratzon” yg berarti “kehendak”. Akhiran “kha” adalah akhiran ganti org ke-2 tunggal.
9) Ba’aretz, dari kata “eretz” yang berarti bumi dengan awalan “be” yang berarti “di dalam”.
10) Ka’asher= Seperti
11) Na’asah= kata dasar sama dengan no.7, namun awalan “N” menunjukkan bentuk pasif (nifal).
12) vashamayim, lihat no.2.
13) Ten-lanu= berasal dari kata kerja “natan” yg artinya “memberi”. “Ten” adalah bentuk perintah (imperative) org ke-2 tunggal yg digabung dg akhiran “lanu” yang adalah “kepada kami”.
14) Hayyom= hari ini.
15) lechem= roti
16) khukeinu, berasal dari kata “khokh” (lihat Strong 2706) yang berarti “porsi/bagian yg sudah ditentukan”, yg digabung dg akhiran “nu”(kami)
17) uselach, berasal dari kata “salakh” yg berarti “mengampuni”. Bentuk perintah yg digabung dg awalan “u” yg artinya “dan”. Lanu, lihat no.13
18) Et-ashmateinu. Berasal dari kata “asmah” yg berarti kesalahan. Akhiran “nu”= kami. Awalan “et” adalah kata sandang utk obyek. Sisipan huruf “t” pada kata “ashmateinu” karena kata dasar bergender feminism dan jamak.
19) Ka’asher= lihat no.10.
20) Solkhim= kata dasar yg sama dg no.17, dlm bentuk partisif aktif, jamak. Lihat Baker hal.137
21) Anakhnu= kami
22) La’asher= kepada. Lihat no.10 dimana terdapat perbedaan awalan dengan kata dasar “asher” yg sama.
23) Ashmu, kata dasar “asham” yg berarti “menyakiti” org ke-3, jamak.
24) Lanu lihat no.13
25) Ve’al. Ve= dan; Al= jangan.
26) Te’bieinu= berasal dr kata dasar “bo” yg berarti “datang”. Lihat no.5. Bentuk hifil, imperfect (jussive) org ke-2 tunggal.
27) Lidei, dari kata dasar “yad” yg berarti “tangan”. Lide= kepada tangan.
28) Masah= pencobaan, Strong 4531.
29) Ki= tetapi
30) im= jikalau
31) Hatzileinu= dari kata dasar “hatzalah” yg berarti “menyelamatkan. Dalam bentuk hiphil, imperative, dg akhiran “nu”= “kami”.
32) min=dari
33) hara= yang jahat.
34) ki= lihat no.29
35) lekha= kepadaMulah
36) hamam’lakhakh= the kingdom
37) ve-haggevurah= dan kuasa
38) vehatif-eret= dan keindahan (kemuliaan)
39) le’olmei –olamim= dr kata “olam”= “dunia” atau “universe” atau “selamanya”
40) Amein= amin.

Pustaka yang digunakan:
-Biblia Hebraica
-Strong Concordance
-Interlinear Bible
-Pengantar Bahasa Ibrani by Baker
-BDB Lexicon
-English Hebrew Dictionary
-Hebrew New Testament Salkinson-Ginsburg

ASAL MULA SANTA CLAUS (SENTER KLAS)

(diambil dari adipedia.com)
Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra, lahir sekitar 280 M Patara tidak jauh dari Myra (Demre) di negara Turki. Ayahnya adalah orang Arab yang bernama Epifanius sedangkan ibunya bernama Nonna. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.
Sinterklas (dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Santa Claus, Santo Nikolas, Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Santy, atau Santa) adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal.



Tokoh Santa kemudian menjadi bagian penting dari tradisi Natal di dunia barat dan juga di Amerika Latin, Jepang dan bagian lain di Asia Timur.

Hari Sinterklas dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 6 Desember.





KRISTEN KUNO
Santo Nikolas dari Myra adalah inspirasi utama untuk figur orang Kristen tentang Sinterklas. Dia adalah uskup Myra di Lycia pada abad ke 4. Nikolas terkenal untuk kebaikannya memberi hadiah kepada orang miskin. Dia sangat religius dari awal umurnya dan mencurahkan hidupnya untuk Kristen. Di Eropa (lebih tepatnya di Belanda, Belgia, Austria dan Jerman) dia digambarkan sebagai uskup yang berjanggut dengan jubah resmi. Relik dari Santo Nikolas dikirim ke Bari di Italia selatan oleh beberapa pedagang Italia; sebuah basilika dibangun tahun 1087 untuk memberi mereka rumah dan menjadi daerah ziarah.

Santo Nikolas menjadi dirujuk oleh orang banyak sebagai Santo pelindung bagi pelaut, pedagang, pemanah, anak-anak, tuna susila, ahli obat, pengacara, pegadaian, tahanan, kota Amsterdam dan Rusia.

Di Yunani, Santo Nikolas adalah pengganti untuk Santo Basil (Agios Vasilis dalam Bahasa Yunani), seorang uskup pada abad ke 4 dari Caesarea. Bagian utara Belanda dan beberapa desa di Flanders, Belgia, merayakan seorang figur yang agak mirip, Sint-Maarten (Santo Martin dari Tours).





VERSI JERMAN KUNOMenurut konversi orang Jerman dalam Kristen, pada cerita rakyat Jerman terdapat kisah tentang Dewa Odin (Wodan), yang setiap tahun, pada masa perayaan Yule, melakukan pesta perburuan yang dibimbing oleh dewa-dewa dan prajurit yang mati dalam dunianya. Anak-anak akan menaruh sepatunya, diisi oleh wortel, jerami atau gula, di dekat cerobong asap untuk kuda terbang Odin, Sleipnir, agar kuda itu memakannya. Odin lalu akan memberi hadiah anak-anak itu untuk kebaikannya dengan mengganti makanan Sleipnir dengan hadiah atau permen [Siefker, chap. 9, esp. 171-173].

Praktek ini masih ada di Jerman, Belgia dan Belanda setelah adopsi kekristenan dan kemudian digabungkan dengan perayaan Santo Nikolas. Anak-anak masih menaruh jerami mengisi sepatu di cerobong asap setiap malam musim dingin, dan Santo Nikolas memberi mereka hadiah permen dan hadiah-hadiah. Kemunculan Odin cukup mirip dengan Santo Nikolas, digambarkan sebagai orang tua yang misterius dengan janggut.

Praktek ini lalu muncul di Amerika Serikat melalui koloni Belanda di New Amsterdam lebih dulu sebelum serangan Inggris pada abad ke 17, dan berevolusi menjadi menggantung kaus kaki atau kaus kaki natal di dekat cerobong asap. Banyak daerah di Austria dan bekas daerah Italia yang direbut Austria-Hongaria, (Friuli, kota Trieste) anak-anak memberi permen dan hadiah pada hari Santo Nikolas (San Niccolò dalam Bahasa Italia), menurut kalender Katolik, pada tanggal 6 Desember.

Cerita rakyat lain, berdasarkan dari suku Indo-Jerman, terdapat cerita bahwa ada orang suci (kadang-kadang Santo Nikolas) dan setan (kadang-kadang Krampus, atau troll). Laki-laki muda memakai baju sebagai Krampus masih ada dalam perayaan hari Santo Nikolas di Kärnten (Austria Selatan) dan Carnia (Italia timur laut). Cerita itu menyatakan bahwa sebuah daratan diserang teror oleh seorang monster yang pada saat malam hari melata masuk ke cerobong asap dan membunuh anak-anak ([[mengeluarkan isi perut mereka atau menyimpan mereka untuk dimakan nanti).

Orang suci itu mencari setan itu, dan menipunya dengan borgol yang diberkati (dalam beberapa versi borgol yang sama untuk memenjarakan Yesus, dalam versi lain borgol itu adalah yang digunakan untuk menahan Santo Petrus atau Paul dari Tarsus); setan itu terperangkap dan terpaksa untuk mengikuti perintah sang orang suci. Orang Suci itu menyuruhnya untuk pergi ke setiap rumah dan membuat perubahan, dengan memberikan hadiah kepada anak-anak. Orang suci itu juga membuatnya melakukan hal ini setiap tahun, atau sang setan sangat muak dengan melakukan hal baik dan memilih untuk kembali ke Neraka.

Versi lain mengatakan setan itu disusun kembali atas perintah orang suci, dan pergi merekrut elf dan anak setan untuk membantunya, lalu menjadi Santa Claus. Bentuk lain dalam cerita Jerman adalah dalam cerita Pelznickel atau Belsnickle yang mengunjungi anak-anak nakal saat tidur. Nama ini berasal dari fakta bahwa orang itu adalah makhluk buas yang besar karena dari kepala sampai kakinya dipenuhi bulu.





VERSI CERITA BELANDA
Di Belanda, Santo Nikolas (lebih sering disebut "De Goede Sint" ) dibantu oleh seorang budak, yang disebut Zwarte Piet ("Piet Hitam"). Beberapa kisah melukiskan Zwarte Piet memukul anak nakal dengan tongkat atau memasukan mereka ke dalam karung dan membawa mereka ke Spanyol. Beberapa berpendapat legenda Zwarte Piet menjadi rasis karena itu merujuk kalau Santo Nikolas menggunakan budak Afrika bekerja untuknya dalam hari sebelum pakjesavond (5 Desember — hari saat kado dibuka), meskipun “Zwarte Pieten tidak digambarkan sebagai budak sekarang.

Zwarte Piet yang berterima kasih tidak tau harus kemana, dimana dia terpisah dari rekannya dan tidak ada pekerjaan untuk membantu dirinya, dan akhirnya Santo Nikolas menawarkannya pekerjaan. Beberapa mengatakan kalau dia menulis daftar hal yang diingini oleh anak-anak, yang lain mengatakan kalau Zwarte Piet mengikuti jejak semua anak nakal untuk memasukannya kedalam karung dan membawanya ke Spanyol. Beberapa dasawarsa yang lalu, cerita ini telah dirubah dan budak itu telah menjadi budak modern yang mempunyai muka hitam karena mereka memanjat cerobong asap dan menjadi hitam karena jelaga dari api.

Sinterklaas memakai baju mirip dengan uskup. Dia memakai mitra merah dengan salib emas dan membawa tongkat uskup. Kemiripannya dengan uskup dari Myra terlihat jelas disini.

Hadiah diberikan selama perayaan ini dan lebih sering diikuti oleh puisi. Lebih banyak hadiah serius mungkin disediakan untuk besok pagi. Karena memberi hadiah adalah pekerjaan Sinterklaas, hadiah tidak diberikan pada hari natal di Belanda, tapi orang komersial mulai memanfaatkannya di pasar.

Menurut tradisi, Sinterklaas memiliki Piet untuk berbagai macam hal,: Piet merupakan navigasi untuk keretanya dari Spanyol menuju Belanda, atau Piet untuk memanjat atap untuk memasukan hadiah kedalam cerobong asap. Beberapa tahun banyak cerita telah muncul, paling banyak dibuat oleh orang tua untuk membuat anak-anak tetap percaya kepada Sinterklaas dalam kebijaksanaan dan untuk menghilangkan kelakuan yang buruk. Dalam beberapa kasus, Piet agak ceroboh dalam pekerjaan, seperti Piet sebagai navigasi {Bahasa Belanda "wegwijs piet") menunjuk ke arah yang salah. Ini lebih sering digunakan untuk memberikan komedi kecil dalam parade tahunan saat Santo Nikolas datang ke Belanda, dan juga bisa digunakan untuk kemajuan anak-anak di sekolah dengan membuat Piet memberikan jawaban yang salah, sebagai contoh, sebuah soal matematika yang sangat sederhana seperti 2+2, sehingga anak-anak dapat diyakinkan untuk memberikan jawaban yang benar.





CERITA MODERN
Gambaran Pra-Modern tentang Sinterklaas yang suka memberi hadiah dari sejarah gereja dan cerita rakyat bergabung dengan karakter Inggris Father Christmas untuk membuat karakter yang diketahui oleh orang Inggris dan Amerika Serikat sebagai Santa Claus. Father Christmas pada abad ke 17 di Inggris, dan dia masih ada pada zaman itu, menggambarkannya sebagai orang yang berjanggut memakai baji yang panjang, hijau, jubah berbulu. Dia melambangkan jiwa dari semangat natal, dan digambarkan dalam "Hantu Hadiah Natal" dalam novel A Christmas Carol oleh Charles Dickens.

Nama Santa Claus berasal dari Sinterklaas, nama Bahasa Belanda yang berdasarkan dari karakter Santo Nikolas. Dia juga diketahui denga nama Sint Nikolas dimana menjelaskan penggunaan 2 nama yang berbeda, Santa Claus dan Santo Nikolas atau Santo Nick.

Penggambaran cerita rakyat tentang Father Christmas menaiki seekor kambing. Barangkali, ini adalah versi evolusi dari Tomte Swedia.

Di negara lain, gambaran Santo Nikolas juga dicampur dengan cerita rakyat loka. Sebagai contoh hal yang masih bertahan, penggambaran pagan, di daerah Nordic, ada seekor Kambing Yule (Bahasa Swedia julbock, Bahasa Norwegia "julebukk", Bahasa Denmark "julebuk" Bahasa Finlandia joulupukki), sebuah figur yang mengejutkan dengan tanduk yang mengantar hadiah pada malam natal. Kambing jerami masih menjadi dekorasi natal di Swedia, Norwegia dan Finlandia. Pada tahun 1840, peternakan gnome dalam cerita rakyat Nordic memulai mengantarkan hadiah natal di Denmark, tapi disebut "Julenisse", berpakaian baju abu-abu dan topi merah. Pada akhir abad ke 19, tradisi ini telah menyebar ke Norwegia dan Swedia (dimana "nisse" disebut Tomte), menggantikan Kambing Yule. Hal yang sama terjadi di Finlandia, tapi disana lebih banyak figur manusia yang menggunakan nama kambing Yule.





VERSI AMERIKA SERIKAT

Thomas Nast mengabadikan Santa Claus dengan ilustrasi pada tanggal 3 January 1863, berita dari Harper's Weekly.
Di koloni Inggris di Amerika Utara dan nantinya Amerika Serikat, versi pemberi hadiah Inggris dan Belanda digabungkan lebih jauh. Sebagai contoh, dalam Sejarah of New York (1809) oleh Washington Irving, Sinterklaas diubah menjadi versi Amerika dengan nama "Santa Claus" tapi kehilangan pakaian uskupnya, dan adalah yang pertama digambarkan sebagai pelaut Belanda dengan pipa rokok dan mengenakan baju dingin berwarna hijau. Buku Irving cercaan dari kebudayaan Belanda di New York, dan lebih banyak gambaran dalam penemuan candaannya.





Kisah
Ibu dari Nikolas tidak pernah punya anak sebelumnya, tetapi karena ia selalu memohon dan berdoa kepada Tuhan, akhirnya permohonannya dikabulkan. Ia melahirkan seorang anak lelaki yang diberi nama Nikolas. Menurut legenda pada saat masih bayipun Nikolas sudah melakukan puasa, seperti yang sering dilakukan oleh hamba Tuhan pada saat itu, ialah tiap hari Rabu dan Jumat. Setiap hari-hari itu, ia tidak mau minum air susu ibunya walaupun anak ini usianya belum 1 tahun.

Ia ditahbiskan menjadi pastor pada usia 18 tahun di Katedral dari pamannya, karena sifat belas kasihnya yang besar untuk membela umat dan fakir miskin, akhirnya ia diangkat menjadi uskup.

Menurut legenda pada saat Nikolas mengadakan perjalanan ke tanah suci dalam perjalanan kapalnya dilanda angin ribut, sehingga salah satu tiang layarnya patah dan menimpa kepala dari seorang kelasi di kapal itu. Yang mengakibatkan kematian dari kelasi tersebut. Dengan doa akhirnya Nicolaas bisa meredakan angin ribut tersebut bahkan ia bisa "menghidupkan" kembali kelasi yang telah meninggal tadi. Sejak saat itulah Nikolas menjadi terkenal sebagai santo atau orang suci pelindung dari para pelaut dan semua kapal dagang.

Kepercayaan tersebut semakin besar dan semakin kuat sehingga ia dianggap sebagai wakil Tuhan untuk melindungi mereka oleh para pelaut Yunani maupun Italia pada saat tersebut.

Tepatnya pada tanggal 9 Mei 1087 para pemilik kapal dari Italia, mengambil semua tulang-tulang dan semua sisa dari tubuh Nikolas untuk dipindahkan dari Turki ke Italia ke kota Bari. Dan disana dibuat satu gereja besar yang diberi nama St Nicolaas Katedral. Oleh sebab itu tiap tanggal 9 Mei orang Italia merayakan hari St Nikolas sebagai pelindung para pelaut.

Sebelum sisa jenazah Nikolas dipindahkan ke Italia, orang Italia percaya akan cerita mengenai seorang nenek sihir yang bernama Befana. Ia mendapatkan tugas dari malaikat untuk memberikan hadiah kepada Yesus pada saat Yesus dilahirkan, seperti juga orang majus, tetapi karena kelalaiannya ia datang terlambat. Oleh sebab itu Befana mendapat hukuman tiap tahun sebelum kelahiran Yesus, ia harus memberikan hadiah sebanyak mungkin kepada anak-anak kecil yang tidak mampu.

Kepercayaan yang lebih bersifat animisme ini dianut oleh banyak orang Italia, maka dari itu para pemuka agama di Italia mengambil keputusan agar kepercayaan dari nenek sihir Befana ini dialihkan saja kepada Sinterklas. Diharapkan bisa memulihkan citra dan nama baik dari orang Katolik sekalian mengalihkan kepercayaan animisme mereka, menjadi lebih percaya kepada Tuhan.

Inilah awal dari kepercayaan bahwa Sinterklas selalu memberi hadiah kepada anak-ank pada saat hari ulang tahunnya. Bahkan pengalihan ini memberi efek sampingan lainnya seakan-akan ada dua Sinterklas, yang satu sebagai pelindung para pelaut sedangkan yang lain ialah pelindung dari anak-anak dan dua-duanya berasal dari Myra (Turki).

Para pelaut zaman dahulu kebanyakan orang Spanyol, maka dari itu orang Belanda percaya bahwa Sinterklas datang dari Spanyol dan tentu datangnya dengan kapal laut, sebab dahulu belum ada pesawat terbang. Kebanyakan kelasi dari para kapal dagang zaman dahulu adalah budak-budak dari Afrika, maka dari itu jelas pembantu dari Sinterklas pun seorang budak dari Afrika yang diberi nama Zwarte Piet (Piet Hitam).

Sinterklas selalu berusaha apabila ia memberi sesuatu, agar tidak dilihat maupun diketahui oleh si penerima, sesuai dengan ajaran dari Alkitab. Pada suatu hari ia berusaha untuk membantu seseorang dari sebuah atap rumah dengan menjatuhkan sekantung uang melalui cerobong asap. Dan kebetulan uang tersebut jatuh ke dalam kaos kaki yang sedang digantungkan oleh anak si pemilik rumah untuk dikeringkan di dekat api pemanas. Hal ini rupanya diketahui oleh si pemilik rumah.

Sejak saat itu timbul kepercayaan bahwa Sinterklas selalu datang melalui cerobong asap di waktu tengah malam dan memberi hadiah untuk anak-anak di kaos kaki atau kantong di dekat ranjang atau di bawah pohon Natal.





SIKAP VATIKAN
Walaupun Sinterklas merupakan gambaran dari seorang uskup gereja Katolik, Paus tidak yakin akan kebenarannya karena pada kenyataannya lebih banyak dongeng atau khayalan yang dibuat mengenai Sinterklas, bahkan juga tercampur dengan berbagai kepercayaan dan budaya. Pada 1970 Vatikan menghapus dan mencoret nama Sinterklas dari daftar orang-orang suci, tetapi karena banyaknya protes yang berdatangan, akhirnya Vatikan memberikan kelonggaran dan kebebasan untuk memilih apakah Sinterklas termasuk orang suci atau bukan diserahkan kepada diri masing-masing, tetapi secara resmi Sinterklas bukan termasuk orang yang dianggap suci lagi.

Paus Paulus VI memerintahkan agar sisa mayat dari Sinterklas dipindahkan saja dari Italia ke Amerika. Dengan demikian diharapkan orang Eropa akan bisa lebih cepat melupakan Sinterklas. Tepatnya pada 5 Desember 1972 sisa dari mayat Sinterklas sudah dipindahkan ke gereja Saint Nicolhas - Flushing - di New York.

Santa Claus dan Sinterklas itu agak berlainan dari segi pakaian maupun poster tubuh. Santa Claus adalah ciptaan dari manajer hubungan masyarakat - Coca Cola walaupun asal-usulnya dari Sinterklas juga. Untuk meningkatkan penjualan dari Coca Cola, mereka menciptakan Santa Claus sebagai reklameyang figur mereka. Karena orang Amerika tidak mau disebut rasis maka dari itu untuk Santa Claus di AS tidak boleh ada Zwarte Piet pembantunya yang berkulit hitam.

Di Tiongkok juga ada Sinterklas yang lebih lazim dipanggil sebagai Dun Che Lao Ren, yang berarti Kakek Natal.

NUBUATAN PALSU DAN NABI PALSU VS NUBUATAN ALKITABIAH

Saat ini banyak sekali gereja yang didasarkan pada nubuatan yang Tuhan berikan secara langsung kepada gembala ataupun pendiri gereja tersebut (setidaknya itu yang dipercayai oleh jemaatnya). Saya mencatat ada beberapa fenomena dalam bernubuat. Walaupun saya mencantumkan Saksi Yehova (aliran yang saya anggap bidat terbesar sepanjang masa) namun bukan berarti semua gereja yang saya cantumkan dibawah ini adalah sesat. Biar Anda sendirilah yang menilainya:

1. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Gereja ini berawal dari perhitungan mengenai Akhir Zaman dan Kedatangan Yesus kedua kalinya di 22 Oktober 1844. Ternyata perhitungan yang dilakukan oleh William Miller itu tidak terjadi. Mereka menyadari bahwa mereka telah melakukan kekeliruan dalam penghitungan dan menyebut hari itu sebagai hari "Big Dissapointment/Kekecewaan Besar". Anggota dari gerakan Miller itu antara lain adalah Ellen G. White, yang merupakan pendiri Gereja Advent. 
Ellen G. White kemudian mendapatkan nubuatan dari Tuhan yang kemudian ditulis dalam buku-bukunya antara lain: Steps to Christ, Kerinduan Segala Zaman, Kemenangan Akhir, dan lainnya.
Untuk melihat lebih mengenai pandangan saya mengenai Ellen G. White, silahkan klik disini!

2. Mormon
Aliran ini didirikan oleh orang yang bernama Joseph Smith. Pada usia 14 tahun dia berdoa dan bertanya kepada Tuhan "Gereja mana yang harus aku ikuti?". Lalu Tuhan berkata kepadanya bahwa Gereja Kristus yang sejati ternyata sudah tidak ada lagi di bumi. Setelah itu dia mengalami penampakan seorang Malaikat bernama Moroni yang kemudian memberikan dia berbagai nubuatan.

Saksi Yehova adalah aliran yang paling rajin bernubuat, dan paling sering salah. Nubuatannya antara lain:
§  1907: Harmageddon/Kiamat akan memuncak pada tahun 1914.
§  1917: Pada 1918, Allah akan mulai menghancurkan gereja-gereja "habis-habisan" dan anggota-anggota gereja dalam jumlah berjuta-juta. 
§  1922-1923: Kebangkitan orang mati akan terjadi pada 1925. Dalam mempersiapkan diri peristiwa pada 1925 itu, Lembaga Menara Pengawal membeli sebidang tanah di California, dan membangun sebuah rumah mewah di atasnya. Tanah ini dimaksudkan untuk dihuni oleh orang-orang seperti AbrahamMusaDaud, dan Samuel, yang mereka sangka akan dibangkitkan pada 1925.
§  1938: Pada 1938, Harmagedon/Kiamat sudah terlalu dekat untuk orang menikah atau melahirkan anak.
§  1941: Hanya "beberapa bulan " saja menjelang Harmagedon.
§  1942: Harmagedon sudah "di hadapan kita." 
§  1969: Keberadaan manusia tidak akan cukup panjang untuk orang-orang muda menjadi tua; sistem dunia akan berakhir "dalam beberapa tahun saja". Para Saksi Yehuwa muda dianjurkan agar tidak bersusah-payah melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi karena alasan ini.
§  1969: Pemerintahan seribu tahun oleh Kristus akan dimulai pada 1975. Ada sejumlah besar spekulasi terkait dalam penerbitan-penerbitan Menara Pengawal dalam sekitar dasawarsa menjelang 1975.
§  1984: Ada "banyak petunjuk" bahwa "akhir zaman" lebih dekat daripada akhir abad ke-20.

http://1.bp.blogspot.com/-quVcH6bIqGc/TZLswVqOX3I/AAAAAAAAAHI/cL8wo6RRyKM/s200/images.jpg
Majalah Gereja Tiberias
4. Gereja di Indonesia
Gereja Tiberias Indonesia didirikan karena nubuatan Tuhan untuk mengembalikan kuasa melalui Perjamuan Kudus dan Minyak Urapan melalui gembalanya yang pernah diajak Tuhan untuk melihat neraka. Phillip Mantofa juga pernah mengalami pengalaman yang sama waktu dia melihat neraka. Sekolah Bahasa Roh yang memiliki berbagai jenis nama dimana didalamnya diajarkan mengenai cara untuk berbahasa roh. Gereja yang memiliki sekolah atau kursus semacam ini antara lain Abba Love Ministry dibawah pimpinan Eddy Leo dan juga Gereja Bethel (ex. Bethany) dibawah pimpinan Niko Njotorahardjo. Petrus Agung Purnomo dan JKI Kerajaan Allah yang memiliki sekolah kenabian.


PANDANGAN ALKITAB
Saya sangat percaya bahwa karunia bernubuat masih tetap ada sampai saat ini. Pandangan ini saya yakin akan bertolak belakang dengan pandangan orang Fundamentalis (Baptis, Methodis) ataupun Protestan (Reformed khususnya) yang menolak pandangan ini dan berkata bahwa nubuatan sudah tidak ada lagi karena Alkitab merupakan nubuatan final. Tapi saya juga berbeda dalam berbagai hal dengan aliran Pentakosta dan Karismatik yang kadang-kadang terlalu rajin bernubuat. 

Pandangan saya secara singkat:

1. Harus benar 100%, tidak boleh ada yang salah satupun
Lho kok bisa? Ya, walaupun 99 nubuatan benar, dan satu yang salah berarti saya anggap orang itu hanya beruntung. DIA BERUNTUNG BISA MENEBAK 99 KALI DENGAN BENAR.
Mengapa? Saya beri sebuah ilustrasi, jika ada satu ayat dalam Alkitab yang menulis "akan terjadi kehancuran bumi tahun 2010" dan akhirnya nubuatan itu tidak terjadi. Apakah Anda masih percaya dengan Alkitab? Pasti tidak akan percaya lagi. Koq bisa tidak percaya? Bukankah seluruh nubuatan yang lainnya benar? Saya yakin Anda akan menjawab, "karena TUHAN tidak mungkin salah, walaupun hanya sekali saja".
Sama seperti nubuatan, "TUHAN tidak mungkin salah mewahyukan sesuatu kepada manusia walaupun hanya sekali saja". Seandainya satu saja nubuatan dari orang tersebut tidak terjadi, maka saya sendiri berpendapat dia bukan berasal dari Tuhan.
Di banyak gereja, ada banyak orang ataupun pengkhotbah yang sudah berulang kali salah dalam memberikan nubuatan, contohnya ""Megawati akan menjadi Presiden tahun 2004", "PDS akan mencapai 20% di PEMILU 2004", "Salah satu tahta Tuhan ada di Jakarta, itu sebabnya tahun 2008 nanti ada satu keputusan pemerintah yang akan SANGAT menguntungkan bagi umat Kristen" dan lainnya. Lalu mengapa kalau mereka sudah tahu bahwa gereja itu salah tapi masih tetap bergereja disitu.
Yang paling sederhana adalah kalau Anda melihat nubuatan dari Saksi Yehova diatas yang tidak digenapi, tapi mengapa gereja Saksi Yehova masih penuh dengan jemaat? Alasannya cuma dua: 1) ada orang yang pintar untuk membodoh-bodohi jemaat 2) ada jemaat yang memang suka dibodoh-bodohi  [maaf kalau kata-kata saya agak kasar, hanya saja saya agak geram dengan tindakan seperti ini]

2. Nubuatan tidak datang setiap saat
Jika saja setiap kali umatNya meminta petunjuk kepada Tuhan dan Tuhan SELALUmenjawab via nubuatan, maka saya akan menjadi orang yang membakar Alkitab pertama kalinya di hadapan jemaat gereja saya.
Sekali lagi saya ulangi, bahwa saya akan membakar Alkitab saya di hadapan seluruh jemaat gereja saya jika saja Tuhan memberikan nubuat setiap hari. Bahkan mantan dosen saya sering bertanya kepada Tuhan mengenai dasi apa yang akan dipakainya hari ini.
Mengapa saya bakar? Karena KITA TIDAK MEMBUTUHKAN ALKITAB sama sekali, khan Tuhan mampu berbicara secara langsung. 
Alkitab diberikan Tuhan sebagai tuntunan bagi kita, seandainya Tuhan lebih suka berbicara langsung kepada manusia secara TERUS MENERUS, maka saya yakin bahwa Alkitab tidak ada gunanya. 
Tapi saya percaya hal sebaliknya bahwa ALKITAB merupakan otoritas tertinggi dan validasinya lebih kuat karena Alkitab adalah bukti yang tertulis. Berbeda dengan nubuatan yang sifatnya tidak tertulis, sehingga seandainya nubuatan tidak terjadi maka orang itu kemudian pura-pura lupa. 
Jadi saya percaya bahwa Tuhan menggunakan Alkitab sebagai SARANA UTAMA untuk memberitahukan isi hatinya serta untuk berbicara dengan manusia.

3. Tidak boleh bertentangan dengan Alkitab
Seorang Pendeta menceraikan istrinya yang bernama A (nama samaran) dengan alasan bahwa dia mendapat suara Tuhan bahwa di alam roh Ny. A bukanlah istri dari Pendeta tersebut melainkan Ny. B. Dan hebatnya, jemaat yang digembalainya percaya dengan hal tersebut. 
Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa "Tuhan membenci perceraian". Bagaimana mungkin Tuhan menyuruh orang untuk melakukan hal yang Dia benci. Saya hanya memberikan contoh yang frontal, tapi bukankah hal ini sering terjadi. Sebagai contoh Anda bisa melihat tulisan saya yang berjudul "PENGLIHATAN TENTANG NERAKA" dimana di dalamnya saya membahas seorang yang melihat neraka sangat tidak Alkitabiah.

4. Bukan untuk membesarkan diri
"Saya ditunjuk Tuhan langsung untuk mengembalikan kuasa", "Saya dipilih Tuhan untuk menjadi Duta Besar Sorga untuk Indonesia", "Gereja ini adalah gereja yang Tuhan pilih secara langsung", dan lainnya.
Sejujurnya, salah satu tujuan dari nubuatan palsu adalah agar jemaat menjadi loyal dan setia terhadap gereja itu. Mindset / pola pikir mereka diubah sehingga jika mereka berpikir untuk keluar dari gereja itu, maka mereka akan keluar dari "umat pilihan".
Sebuah bahkan pernah mengajar bahwa di Sorga ada 3 ruangan dimana ruangan pertama (pelataran) untuk seluruh orang Kristen, ruang kedua (Ruang Kudus) untuk Aliran Pentakosta/ Karismatik sedangkan ruang ketiga (Ruang Maha Kudus) khusus untuk jemaat gereja tersebut. Aneh? Biarkan Anda yang menjawab sendiri, tapi inilah yang terjadi.

5. Konsisten
Tuhan tahu akan masa depan, sehingga tidak mungkin dia salah dalam membuat keputusan. Sepupu saya suatu kali menghadiri ibadah KKR dan pada saat altar call, dia dinubuatkan untuk menjadi seorang dokter. Tiba-tiba minggu depan dia menghadiri KKR yang sama dan di tempat yang sama dan kembali dinubuatkan tapi dinubuatkan menjadi seorang "pendeta". 

6. Detail
Nubuatan-nubuatan seperti "Tahun ini akan menjadi tahun yang penuh berkat", "Tahun depan akan menjadi Tahun Penuaian", "Indonesia akan dipulihkan" atau "Tahun depan adalah tahun yang krisis, tapi Anak Tuhan justru akan mengalami kelimpahan" hampir bisa saya pastikan bukanlah nubuatan karena sebenarnya ini adalah kata-kata iman terhadap apa yang akan terjadi. 
http://3.bp.blogspot.com/-JnaZ-oy0X8I/TZLuVXcmSjI/AAAAAAAAAHM/-ObGyza92R0/s1600/images+%25281%2529.jpg
Iklan di Surat Kabar Amerika
mengenai kedatangan Yesus
Kalimat diatas sangat luas maknanya dan tidak ada ukuran untuk menentukan apakah nubuatannya berhasil atau tidak. Bagaimana cara menentukan seseorang berkelimpahan atau tidak, atau bagaimana cara untuk menentukan Indonesia dipulihkan atau tidak? Berbeda dengan kalau saya bernubuat "A" akan menjadi dokter; kalau A ternyata tidak lulus sekolah kedokteran maka nubuatan saya adalah palsu (karena memiliki ukuran mengenai gagal atau tidak).
Yang saya maksud dengan detail adalah seperti nubuatan Saksi Yehova yang berkata bahwa kiamat akan terjadi tahun 1938 (akhirnya nubuatannya gagal), atau seperti nubuatan Pdt. Yesaya Pariadji -Gembala Tiberias yang berulang kali berkata di mimbar bahwa "Dia akan tetap ada di bumi ketika Tuhan Yesus datang", dengan artian jika saja umur Pariadji sekarang 65 tahun dan seandainya maksimal 70 tahun (menurut Pariadji, ini adalah usia manusia sesuai dengan kata Mazmur), maka berarti kesimpulan nubuatannya "Tuhan Yesus akan datang sekitar 5-15 tahun lagi". Apakah akan terjadi?

http://2.bp.blogspot.com/-IVAfc71xaZo/TZLvvQuHMXI/AAAAAAAAAHQ/_MLzSPWu8xk/s320/sundaylawtimes02.jpg
Tulisan Gereja Advent yang menuduh Paus sebagai
Anti-Kris
7. Tidak mengumbar dosa orang didepan umum
Ada banyak saat ini penginjil yang pergi menginjil kerumah-rumah orang Kristen dan kemudian melakukan konseling. Pada saat konseling, tiba-tiba para penginjil tersebut (mayoritas orang Karismatik) berkata dan mengungkapkan seluruh dosa kita. Bahkan ada keluarga yang pernikahannya hampir hancur karena penginjil seperti itu memberitahukan dosa sang suami kepada istri yang pernah dilakukan sang suami jauh sebelum mereka menikah dan jauh sebelum sang suami menerima Tuhan Yesus.
Ada banyak orang (bukan hanya Pendeta, tetapi juga pengerja/pelayan gereja) yang mengaku memiliki karunia penglihatan dan bisa melihat bahkan menegor dosa orang tersebut. 
Tahun 2004, saya ingin bergabung untuk melayani di Gereja Tiberias Indonesia cabang Menteng Prada sebagai seorang usher (penerima tamu), lalu kemudian diadakan sesi interview, akhirnya seorang pengerja menolak saya untuk bergabung dengan alasan bahwa saya memiliki "api asing". Orang itu ternyata bisa melihat roh saya. Tapi akhirnya sampai saat ini, saya tetap melayani Tuhan dengan tulus, sedangkan orang tersebut tidak tahu kemana rimbanya.


KESIMPULAN
Semakin maraknya nubuatan membuat hal ini menjadi trend. Karena hal ini menjadi trend, maka orang berpikiran harus memiliki karunia ini. Sehingga tidak sedikit orang yang berpura-pura memilikinya dengan cara bernubuat dengan sembarangan. 
Ada juga yang menggunakannya untuk memproteksi jemaatnya agar tidak pindah ke gereja lain karena Tuhan menyatakan bahwa gereja "X"-lah yang merupakan gereja di akhir zaman.
Saya sampai saat ini sangat percaya bahwa karunia nubuatan masih ada dan masih akan tetap terjadi sesuai dengan kata Alkitab, tapi saya sendiri percaya bahwa sampai saat ini saya tidak memiliki karunia tersebut. Dan saya juga sangat percaya bahwa nubuatan dan penglihatan bukanlah saran favorit Tuhan, bahkan sangat jarang Tuhan menggunakannya (sekali lagi teramat sangat sangat jarang). Dia lebih menyukai berkomunikasi menggunakan suatu sarana yang memiliki otentitas dan validitas yang tinggi yang bernama ALKITAB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar